Kronik TNI Desember 2017

4 Desember 2017    (Pelita)
Lima Kapal Perang Kolinlamil Terlibat latihan Opsratmin 
2017

Lima Kapal Perang Repubik Indonesia (KRI) Komandi Lintas Laut Militer (Kolinlamil), melaksanakan operasi pendaratan administrasi di perairan Singkawang, Kalimantan Barat baru-baru ini.   Kelima kapal perang Kolinlamil melaksanakan kerjasama Taktis antar unsur-unsur dengan unsur-unsur dari Komando Armada RI Kawasan barat (Koarmabar) seperti Operasi pindah, Manuver taktis, Latihan peran penyelamatan kapal, latihan menghadapi ancaman kapal selam, menghadapi ancaman udara serta latihan lawan sabotase bawah air (LSBA).


4 Desember 2017   (Pelita)
Pangarmabar Hadiri IONS IMMSAREX di Bangladesh

Pangarmabar Laksamana Muda TNI Aan Kurnia S.Sos., mewakili Kasal menghadiri kegiatan Indian  Ocean Naval Symposium’s (IONS) Multilateral Maritime Search &Rescue Exercise (IMMSAREX) Tahun 2017 yang dibuka Presiden Bangladesh di Cox’s Bazar Bangladesh baru-baru ini.   Kegiatan tersebut diselenggarakan mulai tanggal 26 sampai dengan 29 November dan diikuti oleh beberapa negara.


4 Desember 2017  (Pelita)
Jaga Wilayah Barat, TNI AU Siagakan Pesawat Tempur di Lanud SIM.

Kepala Staf TNI AU (Kasau) Marsekal TNI Hadi Tjanjanto, S.IP., menegaskan untuk menjaga wilayah barat Indonesia, TNI AU Menyiagakan pesawat-pesawat tempur di Lanud Iskandar Muda (SIM) Aceh.   Untuk melihat kesiapan Lanud SIM Aceh, Kasau mengecek beberapa fasilitas pendukung operasi, seperti shelter pesawat, gudang senjata maupun fasilitas lainnya.   Menurut Kasau, keberadaan Lanud SIM sangat strategis sebagai lanud aju untuk mendukung tugas operasi TNI AU/TNI di wilayah barat Indonesia.


4 Desember 2017  (Pelita)
Kuasailah Dirgantara untuk Kuasai Dunia.

Kepala Staf TNI Angkata Udara (Kasau) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP mengatakan sebagai negara yang memiliki ruang udara vertikal maha luas, Indonesia harus mengoptimalkannya untuk kepentingan nasional. “Saat ini sebagai airmen (Insan Dirgantara), kita harus bisa menguasai dirgantara, karena dengan kuasai dirgantara kita akan kuasai dunia’ kata Kasau pada acara makan malam bersama dengan Taruna dan Taruni di ksatrian AAU Yogyakarta Sabtu (2/12).   Kasau berjanji akan memajukan TNI AU secara bertahap.   Selain dengan pembangunan kekuatan dan penambahan Alutsista, juga yang utama adalah peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan memiliki kepribadian yang baik.


5 Desember 2017  (Pelita)
Keberadaan Prajurit TNI di Daerah Terpencil  Dapat Mengi
si Kekosongan Tenaga Pendidikan.

Di daerah terpencil, tertinggal dan terdepan Indonesia tidak ada ruang yang tidak ada prajurit TNI (Babinsa dan pasukan perbatasan).   Keberadaan prajurit TNI di daerah-daerah tersebut bisa mengisi kekosongan tenaga pendidik ditempat itu, sehingga semua anak bangsa bisa mengenyam pendidikan sesuai dengan kebijaka yang sudah digariskan oleh Menteri pendidikan dan kebudayaan RI.  Hal tersebut dikatakan Panglima TNI Jenderal TNI gatot Nurmantyo dihadapan awak media usai melaksanakan penandatanganan Nota kesepahaman dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof Dr Muhadjir Effendy, MAP., bertempat di Ruang Hening Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur Senin (4/12).Penandatangan nota kesepahaman dilaksanakan dalam rangka mendukung program unggulan Kemendikbud RI yaitu Penguatan dan Peningkatan Karakter (PPK) yang berlandaskan nasionalisme, bela negara dan cinta tanah air.


5 Desember 2017  (Pelita)
Kasau Resmikan Monumen Karbol di Akademi Angkatan
Udara.

Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, SIP, MAP beserta Ibu Nanny Hadi Tjahjanto didampingi Wakasau Marsdya TNI Yuyu Sutisna beserta Ibu dan Gubernur AAU Marsda TNI Sri Muyo Handoko, SIP., MAP beserta Ibu meresmikan monumen Karbol diarea Ksatrian Akademi Angkatan Udara, Minggu (3/12).  Monumen Karbol berada di area gerbang depan Akademi Angkatan Udara dimana puncak monumen tersebut diabadikan kedua pahlawan yaitu Komodor Udara Prof Dr. Abdulrachman Saleh dan Komodor Udara Agustinus Adisutjipto.


5 Desember 2017    (Pelita)
Operasi Pendaratan Unsur Kolinlamil di Kalimantan Barat 
Sukses dan Zero Accident.

Operasi pendaratan unsur-unsur Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) di Singkawang Kalimantan Barat berjalan denga sukses dan zero accident.   Bernagai unsur yang melaksanakan latihan operasi pendaratan tersebut berhasil melaksanakan tugasnya.   Hal tersebut disampaikan dalam kaji ulang dan evaluasi Latihan Operasi Pendaratan Administrasi (Latopsratmin) 2017 yang berlangsung di Gedung Laut Nusantara, Mako Kolinlamil, Senin (4/12).   Latopsratmin tahun 2107 ini dibagi menjadi empat tahap, mulai dari tahap perencanaan, persiapan, dan tahap pelaksanaan serta tahap pengakhiran.   Lokasi latihan dimulai dari Tanjung Priok-Laut Jawa-Selat Galasa-Laut Natuna-Pantai Kura-kura Singkawang-Laut Natuna-Selat Galasa-Laut Jawa-Jakarta.

 

5 Desember 2017   (Pelita)
Hadi Tjahjanto Dianggap Penuhi Syarat Panglima TNI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuturkan bahwa Marsekal Hadi Tjahjanto layak mengisi jabatan Panglima TNI karena memiliki kepemimpinan dan kemampuan yang kuat.  Presiden memastikan pengajuan Marsekal Hadi Tjahjanto menjadi calon Panglima TNI kepada DPR sudah sesuai dengan prosedur.   Ia mengatakan pengajuan Kepala Staf TNI Angkatan Udara ini murni karena Panglima TNI saat ini Gatot Nurmantyo akan segera memasuki pensiun.


5 Desember 2017    (Pelita)
DPR Proses Cepat Pencalonan Hadi

Dewan Perwakilan Rakyat akan memproses cepat pencalonan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai panglima TNI sebelum DPR memasuki masa reses pada 14 Desember mendatang.   Langkah cepat DPR dilakukan setelah Presiden Joko Widodo mengirimkan surat permohonan persetujuan dari DPR terhadap rencana pemberhentian dengan hormat Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan pengangkatan Hadi Tjahjanto sebagai panglima TNI.   Surat tertanggal 3 Desember itu dibawa Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Senin (4/12) pagi ke DPR dan diterima Wakil Ketua DPR Fadli Zon.   Presiden menjelaskan ususlannya itu merupakan mekanisme normal.   Presiden harus mneyiapkan calon pengganti karena Panglima TNI Jenderal gatot Nurmantyo akan memasuki usia pensiun pada 1 April 2018.


5 Desember 2017   (Pelita)
Tentara Mengajar di perbatasan.

Tentara akan dikerahkan untuk mengajar di semua tingkatan sekolah dengan titik berat di wilayah perbatasan.   Para prajurit Tentara Nasional Indonesia akan mendapat pelatihan terkait proses belajar mengajar.   Untuk itu ditandatangani nota kesepahaman antara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi dan Panglima TNI Gatot Nurmantyo pada Senin (4/12).  Nota kesepahaman itu mencakup pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar dan menengah, pendidikan kebahasaan, pembinaan guru dan tenaga kependidikan, penelitian dan pengembangan, kebudayaan, pendidikan karakter, serta bela negara.


5 Desember 2017    (Pelita)
Calon Panglima TNI Diuji soal Pengamanan Pilkada

Wakil Ketua Komisi I DPR Meutya Hafidz mengatakan akan mendalami kesiapan calon Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam mengamankan pelaksanaan Pilkada serentak 2018.   Hal tersebut rencananya ditanyakan dalam uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test).   Dia mengatakan kesiapan TNI dalam membantu tugas pengamanan pilkada harus menjadi prioritas Hadi ketika menjadi Panglima TNI sehingga akan ditanyakan dalam uji kelayakan dan kepatutan.


5 Desember 2017   (Media Indonesia)
Marsekal Hadi unutk TNI Profesional

Presiden Joko Widodo mengajuka KSAU Marsekal hadi Tjahjanto sebagai calon Panglima TN untuk menggantikan Jenderal gatot Nurmantyo karena dinilai punya kepemimpinan dan kemampuan yang kuat.   Marsekal hadi menjadi kandidat tunggal yang diusulkan Presiden ke DPR untuk memimpin TNI setelah Jenderal gatot Nurmantyopensiun pada maret mendatang.   Surat pengajuan diantar langsung oleh mensesneg Pratikno dan diterima Wakil Ketua DPR Fadli Zon di gedung DPR kemaren.

 

6 Desember 2017     (Media Indonesia)
RI dan Myanmar Bahas Terorisme

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Wiranto melaksanakan kunjungan kerja ke Myanmar. Dalam kunjungannya, Menkopolhukam bertemu dengan Ketua National Security Adviser Ambassador U Thaung Tun, Menteri Dalam Negeri Letnan Jenderal Kyaw Swe, dan Menteri Pertahanan Letnan Jenderal Win. Menkopolhukam membahas sejumlah hal yang terkait dengan hubungan Indonesia dan Myanmar termasuk membahas penanganan dan peningkatan kerja sama counter terrorism, mengingat ancaman terorisme dan radikalisme harus ditangani sejak dini.


6 Desember 2017  (Media Indonesia)
Pembahasan RUU Terorisme Tak Kunjung Usai.

Masa kerja Panitia Khusus (Pansus) RUU Terorisme kembali diperpanjang. Hal tersebut merupakan keputusan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dalam sidang peripurna dengan pimpinan sidang Fadli Zon, disetujui para anggota dewan yang hadir. Panitia Revisi UU Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme dibentuk melalui Rapat Paripurna ke-24 DPR Masa Sidang IV Tahun Sidang 2015-2016 pada 12 April 2016. RUU Terorisme ditargetkan bisa selesai dan mecapai harmonisasi dengan pemerintah pada Januari mendatang.


7 Desember 2017   (Media Indonesia)
Presiden Wanti-Wanti Menteri.

Presiden RI Ir. Joko Widodo mengingatkan kembali jajarannya agar tetap fokus bekerja memasuki tahun politik. Para menteri dan kepala daerah harus tetap berkonsentrasi menyelesaikan tugas pokok yang diemban. Persiden juga menginstruksikan agar para menteri dan pemimpin lembaga negara langsung ke lapangan memastikan pelaksanaan program pemerintah serta untuk bersama-sama untuk menjaga stabilitas ekonomi, khususnya inflasi agar target pertumbuhan ekonomi 5,4% pada tahun 2018 bisa terwujud. Hal tersebut isampaikan dalam sidang kabinet paripurna di Istana Bogor, Jawa Barat. Hadir dalam rapat tersebut para menteri Kabinet Kerja, kepala lembaga negara, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

 6 Desember 2017    (Pelita)
Kasal Pimpin Peringatan HUT ke-72 Armada RI Tahun
2017.

Kepala Staf Angkata Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., memimpin upacara Hari Armada Republik Indonesia (RI) Tahun 2017 di Dermaga Ujung Koarmatim, Surabaya Selasa (5/12).    Kasal mengatakan bahwa berbagai permasalahan yang sedemikian kompleks bukanlah suatu hambatan, namun merupakan tantanga yang harus kita hadapi bersama guna mengamankan kepentingan nasional.   Oleh karena itu TNI AL sebagai komponen utama pertahanan negara di laut, harus tetap membina dan mengembangkan kekuatan Armada RI untuk  menjadi kekuatan yang kuat, andal dan profesional, sehingga dapat menjalankan setiap tugas guna menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.


6 Desember 2017    (Pelita)
Hari Armada RI 2017, Koarmatim Setia Mengawal 
Samudra dan Perekat Nusantara.

Peringatan Hari Armada Tahun 2017 bertema “Armada RI Ksatria Pengawal Samudera dan Perekat Nusantara” TNI Angkatan Laut kembali memperingati Hari Armada RI dengan melaksanakan upacara paradedan defile yang terpusat di Mako Armatim Surabaya.   Dengan mengerahkan seluruh kekuatan TNI AL dalam bentuk Sistem Senjata Armada Terpadu seperti KRI, Pesawat Udara, Pangkalan dan Marinir.


6 Desember 2017   (Kompas)
Kelayakan Digelar Hari Ini.

Komisi I DPR, Rabu (6/12) ini akan menggelar uji kelayakan dan kepatutan terhadap marsekal Hadi Tjahjanto sebagai calon Panglima TNI.   Jika proses pergantian Panglima TNI di DPR sudah selesai, Panglima TNI Jenderal gatot Nurmantyo mengusulkan segera ada pelantikan panglima baru TNI.   Komisi I DPR yang ditugaskan untuk melakukan uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI langsung menggelar rapat internal.


6 Desember 2017   (Kompas)
Hari Armada ke-72

Sejumlah pesawat terbang dari Pusat penerbangan TNI Angkatan Laut melakukan manuver saat peringatan Hari Armada ke-72 di Dermaga Madura, Komando Armada RI Kawasan Timur, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (5/12).   Perayaan bertema “Armada RI Ksatria Pegawai Samudera dan Perekat Nusantara” itu menampilkan defile pasukan, terjun patyung serta menghadirkan sejumlah alutsista, seperti pesawat, tank, kapal perang dan kapal selam.


6 Desember 2017   (Media Indonesia)
Marsekal Hadi Dinilai Tepat Pimpin TNI di Tahun Politik.

Panglima TNI Jenderal gatot Nurmantyo menilai calon penggantinya Yakni Marsekal hadi Tjahjanto, sosok yang tepat untuk memimpin TNI di Tahu Politik.   Tantangan tidak ringan karena tahun depan digelar pilkada serentak, setahun kemudian dihelat pemilu dan pilpres. Menurut gatot Marsekal Hadi akan memikul tugas yang tidak ringan.   Ia berharap jika DPR telah menyetujui pengajuan Presiden, pergantian Panglima TNI tidak perlu menunggu waktu lama.


7 Desember 2017   (Pelita)
Mutasi Jabatan 85 Pati TNI.

Berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/982/XII/2017, tanggal 4 Desember 2017 tentang pemberhentian dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI, telah ditetapkan Mutasi jabatan 85 Perwira Tinggi (Pati) TNI, terdiri dari 46 Pati jajaran TNI AD, 28 Pati jajaran TNI Angkatan Laut dan 11 Pati jajaran TNI Angkatan Udara.


7 Desember 2017   (Pelita )
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI
Pilihan Tepat Presiden RI.

Presiden RI Ir Joko Widodo sangat tepat menunjuk Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal Hadi Thahjanto sebagai Panglima TNI, karena sesuai persyaratan pernah menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan.   Hal tersebut disampaikan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dihadapan awak media sebelum pelaksaan Fit and Proper Test Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia bertempat di Lobi Gedung Nusantara II Komplek DPR Senayan, Jakarta rabu (6/12).   Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dipilih oleh Presiden RI Ir Joko Widodo untuk menjadi panglima TNI karena masa dinas militernya masih panjang untuk menghadapi tantangan tugas ke depan khususnya mengawal pesta demokrasi yang akan berlangsung tahun 2018 dan 2019.


7 Desember 2017   (Pelita )
Dankodiklatau Menerima Kunjungan Delegasi Angkatan 
Bersenjata Filipina

Komandan Kodiklatau Marsma TNI Chairil Anwar menerima kunjungan Delegasi The Armed Forces of the Phillipines Sergeant Major Cours (AFPSMC) di Makodiklatau Halim perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (6/11).  Kunjungan tersebut bagian dari kerja sama Indonesia dengan Philipina khususnya Angkatan Bersenjata kedua negara.   Diharapkan kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk saling bertukar pikiran dan pengalaman yang hasilnya akan menjadi bahan masukan yang sangat bermanfaat.


7 Desember 2017   (Pelita )
DPR Setujui Hadi Sebagai panglima TNI.

Komisi I DPR Menyetujui Marsekal hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI, setelah melakukan uji kelayakan dan kepatutan serta mendalamkan visis misi, kata Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis AlmasyariDia mengatakan Hadi dinilai memiliki rekam jejak yang mumpuni sehingga memenuhi syarat dn kecakapan sebagai Panglima.


7 Desember 2017   (Kompas )
Calon Panglima, Hadi Kemungkinan Dilantik Besuk.

Presiden Joko Widodo direncanakan melantik Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI pada Jumat (8/12) di Istana Bogor.   Serah Terima jabatan Panglima TNI dari jenderal Gatot Nurmantyo kepada Hadi kemungkinan juga dilakukan hari itu di Markas Besar TNI.   Saat dikonfirmasi Wakil Presiden Jusuf Kalla juga mengatakan Presiden akan segera melantik Hadi sebagai Panglima TNI setelah proses DPR selesai.


7 Desember 2017   (Media Indonesia)
Marsekal Hadi Jamin Netralitas TNI

Marsekal Hadi Tjahjanto menjamin netralitas TNI dalam agenda politik nasional pada masa Pilkada 2018 dan Pemilihan Presiden 2019.   Hal itu disampaikan Kepala Staf TNI AU saat fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan) calon Panglima TNI di ruang rapat Komisi I DPR Gedung Nusantara II Senayan, Jakarta, kemaren.   Dalam uji kelayakan yang berlangsung tertutup, Hadi bertekad mangutamakan alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI dari dalam negeri, bahkan menjanjikan porsi sampai 50 %.


8 Desember 2017    (Pelita)
Panglima TNI: Prajurit Tidak Akan Terbeli Oleh Kepentin
ngan Apapun.

Dihadapan ribuan prajurit Kostrad, Panglima TNI< Jenderal TNI Gatot Nurmantyo Kamis (7/12) mengingatkan bahwa tantangan tugas ke depan bukan semakin ringan, khususnya dalam menghadapi tahun politik 2018 dan 2019.   Prajurit Kostrad memililki loyalitas tinggi sebagai pasukan cadangan strategis, bahkan resiko nyawa sekalipun tetap teguh berdiri menjunjung tugas dan kehormatan sebagai prajurit.


8 Desember 2017   (Pelita)
TNI AL Gelar Puncak Bakti TNI AL Wilayah Perbatasan.

Pulau Miangas Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara dipilih sebagai lokasi puncak kegiatan Operasi Bhakti TNI AL Wilayah Perbatasan tahun 2017.   Operasi Bakti TNI AL di Pulau Miangas merupakan program kerja TNI Angkata Laut yang bertujuan membangun wawasan kebangsaan dan bela negara serta upaya menjaga stabilitas nasional sekaligus turut serta menyukseskan program peemrintah dalam percepatan pembangunan di daerah perbatasan laut, peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat serta peduli lingkungan yang pada akhirnya dapat berdaya guna bagi pertahanan negara di laut.


8 Desember 2017   (Kompas)
Pelantikan Setelah Kunjungan.

Presiden Joko Widodo direncanakan melantik Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Hadi Thajjanto sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia pada Jumat (8/12) sore di Istana Bogor, Jawa Barat.   Pelantikan dilakukan setelah usulan pengangkatannya disetujui dalam Rapat paripurna DPR Kamis.   Presiden direncanakan akan melantik Hadi setelah menerima kunjungan kerja Presiden Republik Nauru.


8 Desember 2017   (Media Indonesia)
Pamitan Panglima

Panglima TNI Jenderal TNI gatot Nurmantyo dipanggul prajurit Kostrad seusai memberikan pengarahan di Madivif Kostrad 1 Cilodong, Depok, Jawa Barat, kemaren.   Panglima TNI memberikan pengarahan kepada prajurit Kostrad untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sekaligus berpamitan di masa akhir jabatannya.           


9 Desemer 2017    (Kompas)
Pergantian Panglima TNI, Pembaruan Alutsista Jadi 
Prioritas.

Panglima Tentara Nasional Indonesia Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan akan melanjutkan sejumlah program pendahulunya, Jenderal Gatot Nurmantyo.   Program itu antara lain pembaruan alat utama sistem persenjataan atau alutsista yang dilakukan dengan berpedoman pada kekuatan pokok minimal satau minimum essential force.


9 Desember 2017   (Media Indonesia)
Marsekal Hadi Tjahjanto Kawal Tahun Politik

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bertekad mengawal tahun pemilu pada 2018 dan 2019.   “Kita akan netral terhadap jalannya pemilihan dan kita juga akan melaksanakan kegiatan ini bersama-sama dengan polisi.   Kita solid dengan polisi untuk menjaga jalannya pesta demokrasi ini sehingga netralitas itu akan kita jaga di atas segala-galanya,”  kata dia seusai pelantikan di Istana Negara Jakarta, kemaren.


9 Desember 2017   (Media Indonesia)
Pelantikan Panglima.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mendapat ucapan selamat salam komando dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian (kanan) seusai upacara pelantikan di Istana Negara, kemaren.   Marsekal Hadi Tjahjanto resmi menjabat Panglima TNI menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo yang memasuki masa pensiun.


10 Desember 2017  (Kompas)
Pertahanan, Hadi: TNI Hadapi Tantangan Kompleks.

Tantangan yang dihadapi Tentara Nasional Indonesia sangat banyak dan kompleks.   Oleh karena itu soliditas dan kebersamaan prajurit TNI menjadi syarat mutlak agar TNI mampu melaksanakan tugasnya menegakkan kedaulatan, menjaga keutuhan wilayah dan melindungi segenap bangsa serta tumpah darah Indonesia.   Hal ini disampaikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam upacara serah terima jabatan Panglima TNI dari Jenderal Gatot Nurmantyo di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Sabtu (9/12).TNI, tegas Hadi, akan tetap berjalan dalam koridor kebijakan umum pembangunan kekuatan popkok minimum sesuai rencana strategis TNI.   Hadi mengatakan TNI menghadapi berbagai tantangan baik ancaman eksternal maupun potensi konflik di dalam negeri, serta perpaduan keduanya.


10 Desember 2017  (Media Indonesia)
Panglima TNI Jangan Belok-Belok.

Tongkat komando Panglima TNI resmi berpindah tangan dari Jenderal Gatot Nurmantyo kepada Marsekal Hadi Tjahjanto.   Dalam amanatnya kedua perwira tinggi militer itu senada bahwa jelang tahun politik pada Pilkada 2018 serta 2019 seluruh prajurit harus menjaga netralitas dan soliditas.   TNI memastikan akan membantu Polri dalam mengamankan pesta demokrasi di Tanah Air.  “ Saat memasuki tahun politik, pesta demokrasi memberikan warna yang beragam yang bernuansa akan terjadinya konflik.   TNI harus memegang teguh netralitasnya dari tingkat atas sampai satuan paling bawah.   Komitmen TNI memberikan perbantuan kepada Polri dalam pengamanan senantiasa harus mengutamakan asas hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku” ujar Hadi.


11 Desember 2017  (Pelita)
Pangarmatim Sambut Jenderal TNI Gatot Nurmantyo
Tatap Muka Bersama 2.000 Prajurit TNI Wilayah Surabaya.

Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Pertama (Laksma) TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., menyambut kedatangan Jenderal TNI Gatot Nurmantyo beserta petinggi TNI untuk menyampaikan pengarahan sekaligus pamitan kepada 2.000 prajurit TNI wilayah Surabaya, bertempat di Indoorsport Koarmatim, Ujung Surabaya, Jumat (8/12).   Di masa akhir kepemimpinanannya, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo saat menjabat Panglima TNI menyampaikan bahwa yang menunjang kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia  (NKRI) adalah TNI dan Polri.   Jenderal gatot Nurmantyo juga menyatakan kepada prajurit TNI agar tetap netral pada tahun politik.


11 Desember 2017   (Pelita)
Bakti Sosial Kesehatan TNI Tingkatkan Derajat kesehatan 
Masyarakat Ternate.

Mabes TNI bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan dan Instansi daerah Provinsi Maluku Utara menggelar Bakti Sosial Kesehatan TNI dengan tujuan membantu, meringankan kesulitan rakyat di bidang kesehatan dengan sasaran meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Ternate.   Hal tersebut disampaikan oleh Marsma TNI dr Didik Kestitu, Sp.U., M.MRS dalam laporannya selaku ketua Panitia pada acara pembukaan Baksos Kesehatan TNI di gedung Dhuafa Center ternate, Maluku Utara, baru-baru ini.   Sasaran pasien dalam Baksos Kesehatan TNI adalah 6000 orang dengan rincian tarhet operasi katarak 200 pasien, pengobatan umum 4.000 pasien, operasi bibir sumbing 50 pasien, Khitanan massal 100 pasien, pengobatan gigi 1.000 pasien, pembagian kaca mata baca 500 pasien, pembagian alat bantu dengar 100 pasien dan pembagian kursi roda 50 pasien.


11 Desember 2017   (Kompas)
Panglima TNI, Sambil “Ngopi”, Marsekal Hadi Minta
Diingatkan.

Panglima Tentara Nasional Indonesia Marsekal Hadi Tjahjanto meminta media tidak segan mengingatkan dan menyampaikan kritik jika ada hal-hal menyimpang yang dilakukan TNI selama kepemimpinannya.   Hadi menegaskan komitmennya untuk membangun militer profesional melalui modernisasi persenjataan dan kemampuan awak, soliditas organisasi TNI, dannetralitas dalam dunia politik.


11 Desember 2017   (Pelita)
Panglima TNI Bertekad Bangun Prajurit TNI Profesional
dan Rendah Hati.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, S.I.P., bertekad membangun prajurit yang profesional, disiplin, militan dan rendah hati sehingga menjadikan TNI hebat dalam segala medan tugas, demi menghasilkan kemanunggalan yang kuat.   Keempat sinergitas tersebut mewujudkan TNI yang tangguh dan terpercaya.   Hal tersebut disampaikan oleh Panglima TNI dalam sambutannya pada upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Panglima TNI dari Jenderal TNI Gatot Nurmantyo kepada Marsekal hadi Tjahjanto, S.I.P., di lapangan B3 Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur (9/12).   Marsekal Hadi Tjahjanto, S.I.P., mengatakan kesungguhan tekad tersebut bukanlah retorika tetapi sebuah cita-cita yang harus diraih dengan kerja keras oleh seluruh prajurit TNI.


12 Desember 2017   (Pelita)
Drill Pelayanan Meriam 155/GS Caesar Prajurit Yonarmed 
12 Kostrad.

Meriam 155/GS Caesar merupakan meriam berkaliber 155 mm.   Sistem penembakan di Caesar ini juga telah dibuat otomatis, termasuk proses penyiapan dan pemasukan amunisi ke meriam.   Meriam ini dibuat oleh PT Nexter, sebuah perusahaan persenjataan di Roanne, Perancis.   Dalam rangka memelihara dan meningkatkan kemampuan prajuritnya, Batalyon Artileri Medan 12 Kostrad, bertempat di lapangan hitam para parjurit melaksanakan kegiatan latihan drill Pelayanan Meriam Dinas Baterai, Ngawi baru-baru ini.   Kegiatan ini diikuti 18 orang prajurit.


12 Desember 2017  (Pelita)
Panglima TNI: Tunjukkan Prajurit TNI Adalah Prajurit
Berkelas Dunia

Sebagai prajurit yang terpilih harus selalu memegang teguh kebanggaaan dengan selalu menampakkan dedikasi, kinerja, profesionalisme, disiplin, loyalitas yangvterbaik dan para prajurit adalah sebagai model yang menunjukkan bahwa prajurit TNI adalah prajurit berkelas dunia.   Demikian sambutan tertulis Panglima TNI marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP., yang dibacakan Kasum TNI Laksdya TNI Dr Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A., saat memimpin upacara militer pemberangkatan 1.170 Prajurit TNI salam rangka misi perdamaian PBB, yang tergabung dalam Satuan Tugas Kontingen Garuda (Satgas Konga) UNIFIL (United Nations Interim Force in Lebanon) tahun 2017 yang akan bertugas satu tahun kedepan, bertempat di Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur, Senin (11/12).


12 Desember 2017   (Media Indonesia)
Menyalami Pasukan Perdamaian

Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Laksamana Madya Didit Herdaiawan menyalami para prajurit TNI yang tergabung dalam pasukan perdamaian PBB saat pelepasan 1.170 prajurit di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, kemaren.   Dalam sambutan tertulis, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan bahwa prajurit TNI terpilih harus menunjukkan sebagai pasukan berkelas dunia.


12 Desember 2012   (Media Indonesia)
Panglima TNI-Kapolri Usung Diplomasi Kopi.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian sepakat mempererat komunikasi melalui diplomasi kopi.   Upaya tersebut diharapkan dapat menjaga soliditas dan kebersamaan disemua level tingkatan di kedua institusi, khususnya dalam menghadapi pelbagai permasalahan dan indikasi gangguan keamanan di Tanah Air.   Diplomasi kopi dapat dilakukan di darat, laut dan di uadar, tegas Panglima TNI Hadi Tjahjanto.   Kedatangan Tito bersama rombongan pejabat utama Korps Bhayangkara ke Mabes TNI patut diapresiasi.   Keakraban yang diperlihatkan kedua pucuk pimpinan TNI-Polri diharapkan dapat lebih mempererat soliditas.


13 Desember 2017  (Pelita)
Panglima TNI: Program Prioritas TNI Kedepan Adalah
Pengembangan SDM.

Salah satu program prioritas TNI kedepan adalah melakukan pengembangan sistem pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) prajurit yang berbasis kompetensi untuk mencapai standar kemampuan dan profesionalisme yang mampu menghadapi tuntutan perkembangan teknologi.   “Beberapa fokus kegiatan meliputi implementasi proses rekrutmen yang bersih, transparan, humanis dan bebas korupsi, Kolusi, Nepotisme (KKN),” kata Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., saat memimpin Laporan Korps Kenaikan Pangkat 66 Perwira Tinggi TNI, bertempat di Ruang Hening Mabes TNI, Cilangkap Jakarta Timur, Selasa (12/12).


13 Desember 2017    (Pelita)
Kasal Terima Pelaporan Kenkat 19 Pati TNI AL.

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., menerima pelaporan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi 19 Pati TNI AL yang dilaksanakan di Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap Jakarta Timur (12/12).   Kasal mengatakan bahwa kenaikan pangkat pada hakekatnya merupakan sebuah bentuk penghargaan, amanah dan motivasi.   Kenaikan Pangkat juga merupakan indikator prestasi seorang prajurit atas kinerja yang telah ditunjukkan selama penugasannya.


13 Desember 2017   (Media Indonesia)
Sokong Nawa Cita, TNI Bangun dari Pinggiran.

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) bida dijadikan alat untuk mewujudkan pembangunan Indonesia dari pinggiran sesuai dengan semangat Nawa Cita.   Program yang  dahulu dikenal dengan istilah Abri Masuk desa (AMD) itu kini bisa diandalkan untuk memajukan daerah terdepan, tertinggal, dan terluar (3T) serta wilayah terisolasi.   Hal ini dijelaskan Kepala Staf TNI-AD Jenderal Mulyono dalam  rapat paripurna TMMD ke-38 TA 2017, di Jakarta, kemaren.   Menurutnya TMMD TA 2017 berhasil baik secara kualitas maupun kuantitas.   TNI berhasil baik membangun secara fisik dan nonfisik melalui program tersebut.


14 Desember 2017   (Pelita)
TNI AU-Kemenkominfo Tandatangani MoU, Kominfo dan
TNI AU Wujudkan Internet Kecepatan Tinggi

Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.Ip., dan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menandatangani piagam kerjasama bidang komunikasi dan Informatika dan pertahanan negara, di auditorium Denma Mabesau Cilangkap, Rabu (13/12).   Melalui kerjsama ini kedua belah pihak sepakat bersinergi memperkuat pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia.


14 Desember 2017   (Pelita)
Panglima TNI: APIP Wajib Tingkatkan Kemampuan Profe
sionalisme.

Aparat pengawal Internal Pemerintah (APIP) diwajibkan untuk meningkatkan kemampuan profesionalisme, baik secara teknik maupun metode audit yang meliputi kemampuan teknis, manajerial dan konseptual yang terkait dengan audit.   Hal tersebut ditegaskan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto , S.I.P., pada pembukaan Rakorwas Inspektorat TNI dan Kemhan TA 2017 di Aula Gatot Subroto Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (13/12).


14 Desember 2017   (Pelita)
Kasal: Mewujudkan Kesatuan Nusantara Melalui “Deklara
si Djoenda”

Perjuangan bangsa Indonesia dalam mewujudkan kesatuan wilayah nusantara yang utuh, pertama sekali dicetuskan melalui “Deklarasi Djoeanda” pada tanggal 13 Desember 1957.   Deklarasi ini mengandung konsep wawasan nusantara yang menyatakan bahwa tanah air yang tidak lagi memandang laut sebagai alat pemisah, namun harus dipergunakan sebagai alat pemersatu bangsa dan wahana pembangunan nasional:, tegas Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., saat memberikan sambutan selaku Ketua Pelaksana pada Peringatan Hari Nusantara tahun 2017 yang berpusat di Dermaga Muara Jati, Kota Cirebon, Rabu (13/12).


14 Desember 2017   (Media Indonesia)
Panglima TNI: Teruskan Perjuangan Soedirman.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bertekad meneruskan perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman dengan membangun angkatan perang yang profesional dan modern.   Hal itu dikatakannya seusai berziarah di makam Panglima Besar jenderal Soedirman, Kompleks Taman Makam Pahlawan Kusuma Negara, Semaki, Yogyakarta, Minggu (10/12)   Jenderal Soedirman, menurut Hadi telah berjasa memberikan nilai-nilai dasar bagi para prajurit TNI dalam rangka menegakkan kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


14 Desember 2017    (Media Indonesia)
4 Kapal Selam akan Perkuat TNI-AL

Menteri dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengungkapkan dalam waktu dekat TNI AL akan menambah kekuatan alat utama sistem persenjataan berupa empat kapal selam.   Penambahan tersebut tidak terlepas dari tugas TNI-AL menjaga kedaulatan laut Indonesia.   Indonesia juga akan membangun kekuatan laksana kapal induk di tiga pulau yakni, Natuna, Bitung dan Selaru.   Ketiganya berada di kawasan perbatasan Indonesia dengan negara tetangga.


14 Desember 2017    (Media Indonesia)
Peringatan Hari Nusantara.

Prajurit TNI-AL melakukan aksi penyelamatan terhadap korban kecelakaan kapal saat demo laut peringatan Hari Nusantara di Pelabuhan Cirebon, Jawa Barat, kemaren.   Hari Nusantara yang diperingati setiap tanggal 13 Desember merupakan penegasan dan pengingat bahwa Indoensia ialah negara kepulauan terbesar di dunia.


15 Desember 2017    (Pelita)
Panglima TNI: Sesko TNI Harus Menjadi Pusat Unggulan
Berkelas Dunia.

Sesko TNI harus terus berupaya untuk senantiasa menjadi pusat keunggulan yang berkelas dunia, dalam upayanya melahirkan perwira kader-kader pimpinan TNI masa depan yang memiliki pemikiran-pemikiran strategis, kesamaan persepsi dalam menyikapi dinamika kehidupan masional, bermoral, profesional dan memilki wawasan kebangsaan sebagai modal dalam mengemban pengabdian sebagai modal dalam mengemban pengabdian kepada bangsa dan negara.   Hal tersebut disampaikan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., pada penutupan Pendidikan Reguler (Dikreg) LLIV.


15 Desember 2017   (Media Indonesia)`
Panglima Laporkan Soliditas TNI ke Presiden.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melaporkan soliditas TNI kepada Presiden Jokowi di Istana Bogor, kemaren pascaalih jabatan Panglima TNI dari jenderal gatot Nurmantyo.   Ditegaskan pergantian pucuk pimpinan TNI didukung semua matra.   Ia mengungkapkan laporan kepada Presiden bahwa masa transisi peralihan kepemimpinan TNI semuanya telah dilaksanakan sesuai rencana. “Peralihan dilakukan KSAD dan KSAL sehingga soliditas di tubuh sangat kuat karena dukungan-dukungan tersebut”


16 Desember 2017   (Kompas)
KRI Bima Suci

KRI Bima Suci membawa 93 taruna Akademi Angkatan Laut (AAL), angkatan ke-64 tingkat III, yang mengikuti pelayaran Kartika Jala Krida 2017 disambut semprotan air sebagai tanda tiba di Pangkalan Komando Armada RI Kawasan Timur Surabaya, Jumat (15/12).   KRI Bima Suci berlayar dari Galangan Freire Shipyard, Vigo, Spanyol pada 18 September 2017 dan masuk jajaran Armada RI.   KRI Bima Suci diresmikan sebagai kapal latih bagi taruna AAL menggantikan KRI Dewa Ruci dan berbasis di Surabaya.


18 Desember 2017     (Pelita)
Peringatan Hari Juang Kartika ke-72 Tahun 2017, Kasad: 
Indonesia Macan Asia, Bahkan Dunia, Bukanlah Mimpi.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono meyakini bahwa cita-cita menjadikan Indonesia sebagai “Macan” Asia bahkan Dunia bukan sekedar mimpi melainkan bisa diwujudkan jadi nyata.   Hal ini disampaikan Kasad dalam amanatnya kala menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada upacara peringatan hari jadi TNI AD atau Hari Juang Kartika (HJK) ke-72 Tahun 2017 di Stadion Kaharudin Nasution Rumbai, Pekan Baru, Propinsi Riau, Jumat (15/12).Jenderal  TNI Mulyono juga mengungkapkan bahwa secara internal, TNI AD terus berupaya meningkatkan kemampuan prajuritnya sehingga menjadi prajurit yang unggul dan profesional.   Diantaranya melalui proses rekruitmen, pendidikan dan pelatihan serta penugasan yang baik.   Saat ini komitmen tersebut telah mengatarkan TNI pada peringkat ke-14 dunia dan peringkat pertama di Asia Tenggara dalam daftar kekuatan tempur dunia yang dikeluarkan oleh Global Fire Power (GFP) 2017.


18 Desember 2017     (Pelita)
Naval Base Open Day Koarmatim Semarakkan Puncak 
Hari Armada Tahun 2017.

 Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kasal laksamana Muda (laksda) Arusukmono Indra Sucahyo, S.E., M.M., didampingi Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., membuka event akbar yaitu Naval Base Open Day (NBOD) yang berlangsung di Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) Ujung, Surabaya, Minggu (17/12).   Pada Naval Base Open Day 2017 membuka kesempatan kepada masyarakat untuk datang ke Markas Komando Koarmatim serta mengunjungi ke patung Monjaya atau ke kapal-kapal perang terbaru seperti KRI Bung Tomo-357, KRI John Lie-358, KRI I Gusti Ngurah Rai-332 atau Kapal Layar latih KRI Bima Suci.   Disamping itu masyarakat dapat menyaksikan pameran Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) yang dimiliki TNI AL lainnya.


19 Desember 2017    (Pelita)
Panglima TNI: TNI Siap Bantu Polri Amankan Natal dan
Tahun Baru.

TNI Siap mengerahkan pasukan membantu Polri dalam pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 termasuk turut serta membantu pengamanan arus mudik dan arus balik.   Hal tersebut dikatakan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., melalui video conference bersama Menko Kemaritiman, Kapolri, Menteri Kesehatan, Menteri PUPR, Menteri perhubungan, Dirut Pertamina, dan Dirut Jasa Marga kepada seluruh unsur pinpinan daerah se-Indoanesia dalam rangka menghadapi Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 di Ruang Pusdalsis lantai 5 Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (18/12).   Panglima TNI menyampaikan kepada seluruh jajaran Kotamaops TNI untuk membantu pelaksanaan kegiatan tersebut dan melaksanakan koordinasi dengan aparat kepolisian secara ketat di wilayah.   Untuk mengantisipasi serangan teroris Pasukan Khusus TNI dari Satuan Gultor TNI siap untuk mengatasi ancaman terorisme dan mengantisipasi apabila terjadi hal-hal yang memungkinkan dilaksanakan kegiatan operasi.


19 Desember 2017     (Pelita)
HUT TNI AD Pangdam Jaya Didampingi Danrem 052/Wkr
Melakukan Penanaman Pohon.

Dalam rangka Hari Juang Kartika atau HUT TNI AD yang digelar di lapangan alun-alun Ahmad Yani, Kota Tangerang Jumat (15/12) Pangdam Jaya Mayjen Jaswandi bersama Walikota Tangerang Kota Arief Rachadiono Wismansyah, Komandan Resort Militer (Danrem) 052/Wijayakrama (Wkr) Kolonel Inf Iwan Setiawan, Komandan Kodim 0506/Tangerang (Tgr) Letkol Inf M Imam Gogor, A.A., melakukan penanaman pohon di area lapangan alun alun kota Tangerang.   Penanaman pohon sebagai bukti bahwa TNI turut serta melestarikan dan menghijaukan alam untuk menjaga polusi udara dan menghasilkan udara yang segar dan bersih.


19 Desember 2017     (Pelita)
Bebersih Citarum Resmi Ditutup Kasal.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Ade Supandi, S.E., M.A.P., didampingi Ketua Umum jalasenastri Endah ade Supandi resmi menutup kegiatan Bebersih Citarum di Desa Pangauban Kecamatan Batu Jajar, Bandung, Jawa Barat, Senin (18/12).   Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangkaian HUT ke-72 Armada RI ini meliputi penyuluhan kesehatan dan kebersihan kepada masyarakat setempat, pembersihan Sungai Citarum, penghijauan, lomba kebersihan lingkungan, perahu dan keramba serta pemanfaatan enceng gondok dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui ekonomi kreatif.


19 Desember 2017     (Pelita)
Focus Group Discussion TNI AL Dukung Pemerintah Wu
judkan Poros Maritim.

TNI Angkatan Laut menggelar Focus Group Discussion (FGD) yang membahas tentang peran TNI AL Mendukung Percepatan Program Pemerintah Dalam Pengembangan Infrastruktur dan Konektivitas Maritim Dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia, yang dibuka secara langsung oleh Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI A Taufiq R., Senin (18/9) di Wisma Elang Laut (WEL) Jakarta Pusat.   Dalam amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A., P., yang dibacakan Wakasal mengatakan bahwa, dua pertiga wilayah Indonesia adalah lautan, dimana disitulah sumber kesejahteraan rakyat Indonesia.   Perairan nasional merupakan sumber daya yang sangat besar bagi kemakmuran bangsa di masa depan bila dikelola dengan baik.                                     


19 Desember 2017    (Pelita)
Pangarmabar Kunjungi KRI Usman Harun-359 Satgas 
MTF XXVIII-J/UNIFIL di Lebanon.

Pangarmabar Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos., mengunjungi Prajurit Satgas Maritime Task Force Kontingen Garuda XXVIII-J/UNIFIL saat KRI Usma Harun-359 sandar di Beirut Port Lebanon, Sabtu (16/12).   Pangarmabar menyampaikan pengarahan dan motivasi kepada seluruh prajurit Satgas MTF dan berpesan kepada seluruh prajurit yang tergabung dalam satgas MTF agar tetap semangat dalam melaksanakan tugas sebagai bagian dari Maritime Task Force UNIFIL.      


20 Desember 2017    (Pelita)
Pangkostrad Tutup Latihan Pembentukan Taipur VII 
Kostrad.

Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi menutup latihan Pembentukan Taipur VII Kostrad 2017, di lapangan Sub Detasemen Pemeliharaan Daerah latihan (Subdenharrahlat) Kostrad Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat Selasa (19/12).   Tujuan pembentukan Taipur ini adalah untuk membentuk prajurit satuan jajaran Kostrad menjadi prajurit Taipur yang memiliki kemampuan khusus dalam melaksanakan tugas operasi di berbagai bentuk medan baik di rawa, laut, hutan gunung dan perkotaan”, kata Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi.

 

19 Desember 2017    (Media Indonesia)
Hari Juang kartika Kilas Perjuangan TNI-AD dan Rakyat.

Tanpa mengurangi nilai-nilai perjuangan rakyat Indonesia diberbagai daerah, semangat kejuangan dan kemanunggalan TNI-AD dan rakyat dalam Palagan Ambarawa untuk memukul mundur sekutu merupakan cikal bakal kemanunggalan TNI-AD dan rakyat Indonesia.   Peristiwa yang terjadi pada 15 Desember 1945 tersebut setiap tahunnya diperingati sebagai hari ulang tahun TNI-AD atau Hari Juang Kartika.   Dari momen tersebut tersarilah suatu jati diri Tentara Nasional Indonesia sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional yang menjadi kebanggaan setiap prajurit.


19 Desember 2017    (Media Indonesia)
Warga Kehormatan Kopassus.

Panglima TNI marsekal hadi Tjahjanto yang didampingi Danjen Kopassus Mayjen Madsuni, diangkat prajurit seusai penyematan brevet Komando Kopassus di Cijantung, Jakarta, kemaren.   Dalam sambutannya Panglima TNI menyatakan akan melengkapi peralatan yang diperlukan satuan Kopassus dalam mendukung tugas operasi dan meningkatkan kemampuan prajurit Komando yang dihadapkan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga mampu melaksanakan tugas negara dengan baik.


19 Desember 2017    (Media Indonesia)
Para Calon KSAU Tengah Jalani Uji Kelayakan

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan calon penggantinya sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) saat ini masih menjalani proses uji kelayakan dan kepatutan di internal TNI-AU.   Hadi mengatakan setelah proses di internal TNI AU, secara berjenjang nama-nama calon diserahkan kepada Panglima TNI dan akan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo.   Penetapan KSAU ada di tangan Presiden yang juga merupakan panglima tertinggi.

 

20 Desember 2017     (Kompas)
HUT Infanteri TNI AD di Pekanbaru.

Sejumlah prajurit meneriakan yel-yel pada peringatan HUT ke-69 Infanteri di Markas Korem 031/WB di Kota Pekanbaru, Riau, Selasa (19/12).   TNI AD Berharap infanteri di masa datang, selain semakin profesional dengan dukungan modernisasi alat utama sistem persenjataan juga semakin dekat dengan rakyat untu keutuhan NKRI.


20 Desember 2017    (Kompas)
Keputusan Diubah, Sebanyak 16 dari 85 Perwira TNI Te
tap Posisinya.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengubah Keputusan Panglima TNI pada 4 Desember 2017 tentang  mutasi.   Dari 85 perwira TNI yang saat itu diputuskan dimutasi oleh Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, 16 diantaranya dipertahankan pada posisi saat ini.   Hal ini tertuang dalam Keputusan Panglima TNI Kep/982.a/XII/2017 yang ditandatangani Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pada 19 Desember 2017.


21 Desember 2017     (Pelita)
Panglima TNI Berwenang Batalkan Mutasi Pati

Wakil Ketua Komisi I Dewan Perwakilan rakyat RI Hanafi Rais menilai Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berwenang penuh membatalkan keputusan mutasi perwira tinggi yang telah diambil Panglima sebelumnya Jenderal Gatot Nurmantyo.   Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengubah keputusan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo Nomor Kep/982/XII/2017 tanggal 4 Desember 2017.   Melalui surat keputusan Kep/982.1/XII/2017 tertanggal 19 Desember 2017 meniadakan rotasi terhadap 16 orang.   Saat dikonfirmasi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu, Panglima TNI menjelaskan bahwa untuk mengemban amanah sebagai Panglima TNI dirinya telah melaksanakan evaluasi berkesinambungan terhadap sumber daya manusia untuk memenuhi kebutuhan organisasi dan tantangan tugas TNI ke depan.

 

21 Desember 2017     (Pelita)
Panglima TNI: Mutasi Jabatan Pati TNI Ditentukan Berda
sarkan Profesionalitas dan “Merit System”.

Mutasi jabatan Perwira Tinggi (Pati) di lingkungan TNI ditentukan berdasarkan kriteria penilaian sumber daya manusia yaitu profesionalitas dan merit system melalui proses Pra Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi (Prawanjakti) dan Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti) TNI.   Hal tersebuut dikatakan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., saat menjawab pertanyaan awak media usai acara penyematan Wing Penerbang Kehormatan TNI AU kepada Kapolri, Kasad dan Kasal di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur Rabu (20/12).   Selain prosedur dan aturan yang berlaku di lingkungan TNI, untuk penilaian karier dan mutasi prajurit TNI (termasuk Pati TNI) berdasarkan alasan-alasan yang baik demi kepentingan organisasi TNI.


21 Desember 2017     (Pelita)
Jaga Soliditas, Petinggi TNI dan Polri Terbang Bersama

Panglima TNI selaku Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., bersama Kepala Kepolisian RI Jenderal Polisi Drs. Prof. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D., Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono dan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., melaksanakan terbang kehormatan menggunakan pesawat tempur Sukhoi-30 MK2 bertempat di baseops lanud Halim Perdanakusuma, Rabu (20/12)   Keempat pesawat Sukhoi take off pada pukul 09.00 wib dari Lanud Halim Perdanakusuma dan melaksanakan terbang di South area (atas laut selatan pulau Jawa Barat) pada ketinggian 10.000-15.000 feet.


21 Desember 2017     (Pelita)
Kasal Terima Wing Penerbang Kehormatan

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., menerima Penyematan Brevet Wing Penerbang Kehormatan TNI AU yang disematkan langsung oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., bertempat di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur (20/12).   Selain Kasal, wing penerbang kehormatan juga disematkan kepada Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono dan Kepala Kepolisian RI (Kapolri) Jenderal Polisi Tito Karnavian.


21 Desember 2017   (Pelita)
Pangarmabar Laksanakan Kunjungan Kehormatan Kepala 
Force Commander UNIFIL di Naqoura Lebanon.

Pangarmabar Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos melaksanakan kunjungan kehormatan kepada UNIFIL Head Of Mission and Force Commander Major General Michail Beary di Al Naoqura Lebanon Senin (18/12).   Kunjungan kehormatan Pangarmabar tersebut dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan Admiral Inspection UNIFIL (United Nation Interim Force in Lebanon) selama berada di Lebanon.


21 Desember 2017    (Kompas)
Penyematan Wing Penerbang Kehormatan.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian, Kepala Staf TNI Angkatan darat Jenderal Mulyono, dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi berfoto bersama sebelum menerbangkan pesawat Sukhoi Su-30 dalam acara penyematan Brevet/Wing Penerbang Kehormatan TNI AU di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (20/12).


21 Desember 2017     (Media Indonesia)
Panglima TNI Sebut paspampres tidak Terima Dana
Hubla.

Panglima TNI marsekal Hadi Tjahjanto memastikan Paspampres tidak pernah menerima uang operasional dari pihak asing untuk mendanaipengamanan sejumlah kegiatan Presiden Joko Widodo.   Itu termasuk dana yang berasal dari Direktorat Jenderal perhubungan laut Kementerian Perhubungan.   Penegasan itu merupakan hasil penyelidikan yang dilakukan oelh jajaran Pusat Polisi Militer TNI.   Meski demikian penyelidikan secara mendalam masih berlangsung.   Alasannya ada kemungkinan hal itu melibatkan prajurit dari kesatuan lain di lingkup TNI.


21 Desember 2017     (Media Indonesia)
Panglima TNI Kejutkan Kapolri, KSAD, dan KSAL

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memberikan kejutan kepada Kapolri, KSAD dan KSAL saat menjamu ketiganya dalam rangka penyematan Brevet penerbang Kehormatan TNI AU di bandara Halim Perdanakusuma, kemaren.   Panglima TNI bersama Kapolri, KSAD dan KSAL bermanuver dengan pesawat Sukhoi.   Kejutan dilakukan dengan berkeliling di udara dengan merasakan saat sukhoi seakan-akan mereka tengah bertempur dengan pesawat musuh di udara.


21 Desember 2017     (Media Indonesia)
Pembatalan Mutasi TNI demi Profesionalitas.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto membatalkan mutasi 16 perwira yang diputuskan pendahulunya, Jenderal Gatot Nurmantyo.   Langkah itu diambil berdasarkan sejumlah pertimbangan kebutuhan organisasi, profesionalitas, dan merit system guna menghadapi pelbagai tugas yang semakin kompleks.  Berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/982/XII/2017 yang dikeluarkan Jenderal gatot pada 4 desember 2017 tertera 85 perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) dari TNI-AD, TNI-AL, dan TNI-AU yang mengalami pergeseran jabatan.   Namun sesuai SK Panglima TNI No Kep/982.a/XII/2017 tertanggal 19 Desember 2017, mutasi ke-12 pati dan 4 pamen itu dibatalkan.


22 Desember 2017    (Pelita)
Pangarmabar Laksanakan Kunjungan Kehormatan kepa
da Chief Of LAF Navy di Lebanon.

Pangarmabar Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos melaksanakan kunjungan kehormatan kepada Chief Of Lebanese Armed Forces (LAF) Navy Rear Admiral Hosni Daher di Lebanon, baru-baru ini.   Kunjungan tersebut selain dalam rangka kegiatan Admiral Inspection UNIFIL juga merupakan sebagai bentuk wujud penghormatan dan wujud Seaman Brotherhood antar sesama Angkatan  Laut di Dunia.


22 Desember 2017     (Pelita)
Panglima TNI Kunjungan Bhumi Marinir Cilandak.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., melaksanakan kunjungan serta bertatap muka secara langsung dengan para prajurit di sarang Petarung Marinir TNI AL, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (21/12).   Kunjungan ini merupakan kunjungan pertama Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., semenjak menjabat sebagai Panglima TNI.


22 Desember 2017    (Pelita)
Panglima TNI: Tugas Pengamanan TNI-Polri pada Natal dan Tahun Baru Berikan Rasa Aman Masyarakat.

Pengamanan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 merupakan suatu tugas dan tanggung jawab yang diberikan negara kepada TNI-Polri guna memberikan rasa aman bagi masyarakat, sehingga pengerahan dan kesiapsiagaan personel maupun materiil perlu dipersiapkan dengan baik.   Hal tersebut disampaikan Panglima TNI  Marsekal TNI hadi Tjahjanto S.I.P., didampingi Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dihadapan 2.600 personel Apel Gelar pasukan Operasi Kepolisisan Terpusat Lilin 2017 di lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Kamis (21/12).


22 Desember 2017     (Pelita)
Kostrad Hadirkan Truk Pustaka di Wamena Peduli Pendi
dikan, Yonif Raider 323.

Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-PNG Yonif Raider 323/BP Kostrad sejak Pratugas di Basis telah mempersiapkan salah satu program unggulan yaitu Truk Pustaka.   Kendaraan dinas angkut personil tersebut disulap menjadi arena untuk belajar dan bermain bagi anak-anak, diantaranya buku-buku bacaan yang dilengkapi juga dengan perlengkapan multi media untuk menonton film.


22 Desember 2017     (Media Indonesia)
Kesamaan Batin Permudah Penyelesaian Masalah TNI

Panglima TNI marsekal TNI Hadi Tjahjanto menegaskan safari yang dilakukannya se sejunlah komando utama TNI bukan bertujuan menguji loyalitas prajurit.   Kegiatan tersebut merupakansilaturahim sekaligus sarana membangun komunikasi antara pimpinan dan bawahan. Dalam setiap kunjungannya, Hadi selalu menekankan agar prajurit senantiasa menjaga profesionalitas tugas, tidak terlibat politik praktis serta menjaga netralitas. Oleh karena itu, momentum tahun politik 2018 dan 2019 dapat menjadi komitmen bersama untuk memapankan pelaksanaan demokrasi. (Media Indonesia, 22 Desember 2017).


26 Desember 2017     (Media Indonesia)
TNI dan Polri Diminta Tetap Waspada.

Langkah sigap TNI dan Polri dalam mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru membuahkan suasana aman. Langkah-langkah pengamanan tersebut semakin solid dari pusat hingga daerah. Semua dari pusat dan daerah satu gerakan dalam posisi siaga satu sehingga tidak meninggalkan celah untuk ancaman menjadi kenyataan, karena potensi ancaman sangat fluktuatif. Namun demikian aparat keamanan untuk tetap waspada terhadap potensi-potensi ancaman. Upaya yang dilakukan sesuai dengan standar prosedurnya tapi tetap harus waspada karena potensi (terorisme) akan terus ada.


27 Desember 2017    (Pelita)
Pushidrosal Menerima Kunjungan Kehormatan Athan
Perancis.

Pusat Hidrografi dan Oceonografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) menerima Kunjungan kehormatan Atase Pertahanan Perancis di Jakarta Letkol Gael Lacroix di Mako Pushidrosal, Ancol Timur, Jakarta Utara, Jumat (22/12).   Kunjungan Athan Perancis tersebut diterima oleh Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro, yang didampingi beberapa pejabat Pushidrosal.   Kunjungan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kerjasama ditahun 2018 antar kedua negara.


27 Desember 2017     (Pelita)
Panglima TNI: TNI Siap Bantu Polri Amankan Tahun Baru
2018.

Tentara Nasional Indonesia (TNI) siap membantu dan mndukung Operasi Lilin tahun 2017 yang dilaksanakan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), dalam rangka mengamankan dan merayakan Hari Natal 2017 serta Tahun Baru 2018.   Hal tersebut dikatakan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., dihadapan awak media saat meninjau langsung kegiatan ibadah Misa Malam Natal bersama Mendagri RI Tjahjo Kumolo dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian di tiga gereja wilayah Jakarta, Sabtu (24/12) malam.


27 Desember 2017    (Pelita)
Sukhoi 27/30 TNI AU Jaga Wilayah Udara di Atas ALKI I 
dan Jawa.

Sebanyak 5 pesawat tempur Sukhoi 27/30 MK2 TNI AU digelar dipangkalan aju Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.  Pesawat tempur dari Skadron Udara 11 wing 5 Lanud Hasanuddin Makassar digelar untuk melaksanakan combat air patrol atau patroli udara bersenjata guna memantau dan mengawasi wilayah udara Nasional, khususnya sepanjang ALKI I selat Sunda dan Jawa bagian Selatan yang merupakan tanggung jawab dari Komando Sektor Pertahanan Udara naional I (Kosekhanudnas I).


28 Desember 2017     (Pelita)
TNI AL Diperkuat KAL 28M dan Dua Combat Boat

TNI AL resmi diperkuat armada baru, dalam kesempatan ini Asisten Logistik (Aslog) Kasal Laksamana Muda TNI Mulyadi, S.PI., M.A.P., memimpin acara serah terima satu unit Kal 28 M dan dua unit Combat Boat AL D-18 produksi PT Tesco Indomaritim, sekaligus memimpin peresmian dan pelantikan Komandan Kapal, Rabu (27/12) di Pantai Mutiara, Jakarta Utara. KAL 28 M tersebut diberi nama KAL Pulau Siantan II-4-52, sedangkan ke dua unit Combat Boat masing-masing diberi nama Patkamla Pulau Pagerungan dan Patkamla Pulau Semau.


28 Desember 2017     (Pelita)
Kodam Jaya/Jayakarta Peringati HUT ke-68

Kodam Jaya merupakan Komando Kewilayahan Pertahanan yang wilayahnya meliputi DKI, Tangerang dan Bekasi.   Tepat tanggal 24 Desember 2017 sebagai hari ulang tahun ke-68 Kodam Jaya/Jayakarta.   Dihari jadi ini Pangdam Jaya Mayjen TNI Jaswandi menekankan agar momentum perayaan dilaksanakan dengan memprioritaskan kepada pembinaan satuan dan pembinaan teritorial secara berkesinambungan.   Pembinaan satuan mengandung penjabaran yang tidak sederhana karena didalamnya mencerminkan kinerja satuan secara utuh dan keseluruhan dimana keberhasilannya sangat ditentukan oleh seluruh anggota dan unsur-unsur pimpinan.


28 Desember 2017    (Pelita)
Panglima TNI: TNI Berkomitmen Wujudkan Manajemen 
Transparan dan Akuntabel.

Pengucapan sumpah dan penandatangan Pakta Integritas merupakan bentuk implementasi dan komitmen Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk mewujudkan manajemen yang transparan dan akuntabel.Hal tersebut dikatakan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., pada acara Penyumpahan Jabatan dan Penandatangan Pakta Integritas serta Sertijab Pangkohanudnas, Koorsahli Panglima TNI, Kabais TNI, Danpom TNI, Dansatkomlek TNI serta Dandenma Mabes TNI di Aula Gatot Subroto Mabes TNI Cilangkap, jakarta Timur, Rabu (27/12).


28 Desember 2017     (Pelita)
Kasau Lantik Lima Pejabat Teras TNI AU

Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., melantik dan mengukuhkan lima pejabat tersa TNI AU, masing-masing Aspam Kasau, Pangkoopsau I, Kadispenau, Kadisopslatau dan Kadisminpersau yang diikuti dengan pengucapan sumpah dan penandatanganan pakta integritas ke lima pejabat dalam sebuah upacara militer di Auditorium Mabesau, Cilangkap, Jakarta.


28 Desember 2017     (Media Indonesia)
TNI AL Operasikan Tiga Kapal Patroli Baru

TNI Angkatan Laut diperkuat armada baru, yakni satu unit Kapal Angkatan Laut (KAL) 28 M dan dua unit combat boat AL D-18 produksi PT Tesco Indomaritim. Upacara serah terima berlangsung di Pantai Mutiara, Jakarta Utara dipimpin Asisten Logistik (Aslog) KSAL Laksamana Muda Mulyadi.

KAL 28 M diberi nama KAL Pulau Sintan II-4-52, dua unit combat boat masing-masing diberi nama Patkamla Pulau Pagerungan dan Patkamla Pulau Semau. Ketiga kapal tersebut memperkuat TNI Angkatan Laut dalam menjaga keamanan wilayah perairan Indonesia, khususnya sebagai sarana patroli terbatas di wilayah Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) V Surabaya, Lantamal VII Kupang, NTT dan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tarempa, Kepualauan Riau.


29 Desember 2017     (Pelita)
Kodam Jaya/Jayakarta Diharapkan Menjadi Garda Terde
pan Amankan Ibukota Jakarta.

Kodam Jaya/Jayakarta diharapkan menjadi Garda terdepan dalam mengamankan ibukota.   Selain itu, memasuki usia ke-68 tahun ini, Kodam Jaya/Jayakarta dapt lebih meningkatkan peran dan kinerja Stuan Jajarannya untuk selalu berbuat yang terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara.   Hal ini disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menghadiri acara syukuran HUT ke-68 Kodam Jaya yang digelar di Makodam Jaya, Jalan Mayjen Sutoyo No 5 Cililitan, Jakarta Timur, Kamis (28/12).   Pada sambutannya Pangdam Jaya Mayjen TNI Jaswandi saat menjadi Inspektur Upacara pada upacara Peringatan HUT Kodam Jaya/Jayakarta ke-68 di Lapangan jayakarta, Cawang, Jakarta Timur mengimbau peringatan HUT ke-68 Kodam Jaya/Jayakarta hendaknya dimaknai denga penuh rasa syukur kehadirat Allah swt atas semua karunia dan anugerah yang telah dilimpahkan kepada satuan jajaran Kodam Jaya/Jayakarta sehingga dapat melaksanakan tugas pokoknya dengan baik.


29 Desember 2017     (Pelita)                                                                              

Panglima TNI: Soliditas TNI dan Polri Tidak Bisa Ditawar Lagi.

Cuma ada satu kunci untuk mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang “gemah ripah loh jinawi toto tenttrem karto raharjo”, yaitu soliditas TNI dan Polri.   Oleh sebab itu soliditas TNI-Polri adalah harga mati dan tidak bisa ditawar lagi.   Hal tersebut ditegaskan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., dihadapan ribuan prajurit TNI dan personel Polri se wilayah Kalimantan Barat, bertempat di Makodam XII/Tanjungpuram Jalan Trans Kalimantan, Sungai Raya, Kapur, Kubu Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Kamis (28/12).

 

29 Desember 2017     (Pelita)
Panglima TNI: Misi UNIFIL Membawa Nama Baik TNI dan
Membanggakan Bangsa.

Selama para prajurit TNI menjalankan UNIFIL (United Nations Interim Force in Lebanon) telah banyak pengalaman yang diperoleh, dimana pengalaman tersebut menjadi begitu berharga dan sekaligus membnawa nama baik TNI serta membanggakan bagi seluruh bangsa.   Demikian sambutan tertulis Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto S.I.P., yang dibacakan Kasum TNI Laksdya TNI Dr Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A., pada upacara militer Penerimaan Purna Tugas satgas Kontingen Garuda UNIFIL tahun 2016-2017 di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur Kamis (28/12).

Subdisjianhubmas Dislissaji

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *