Wisata Sejarah Kemensos ke Pusjarah TNI

Jakarta, 15 November 2017 (Pusjarah TNI)–Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November lalu, sebanyak 150 pelajar yang berasal dari 13 SMA sederajat di wilayah DKI Jakarta, Tangerang dan Depok melakukan wisata sejarah. Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin pada peringatan Hari Pahlawan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengenalan terhadap nilai kebangsaan, serta supaya generasi muda mengenal pahlawannya.

Kegiatan wisata sejarah ini dilepas oleh Dirjen pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial Hartono Laras dari halaman gedung Kemensos Jakarta, Selasa (14/11) dengan ketua rombongan Bapak Agustanza Sjahroezah . Adapun agenda wisata sejarah ini adalah mengunjungi tempat-tempat bersejarah, yaitu Monumen Pancasila Sakti (Lubang Buaya), Taman Makan Pahlawan Nasinal Utama (TMPNU) Kalibata dan berakhir di Museum Satria Mandala.

Kunjungan pertama rombongan adalah ke Monumen Lubang Buaya yang diterima oleh Kadisdok Pusjarah TNI Kolonel Caj Drs. Chairul Mahdi di depan gedung Paseban Monumen Pancasila Sakti. Selanjutnya peserta dibawa berkeliling Monumen Pancasila Sakti untuk mendapatkan penjelasan tentang peristiwa G30S/PKI. Di Monumen Pancasila Sakti tersebut mereka dapat merasakan langsung aura perjuangan dengan melihat diorama yang dipajang di museum.

Usai berkeliling Monumen Pancasila Sakti, rute selanjutnya adalah TMPNU Kalibata. Di TMPNU Kalibata mereka melakukan ziarah dan tabur bunga ke makam para pahlawan.

Perjalanan selanjutnya menuju Museum Satria Mandala yang merupakan museum sejarah perjuangan Tentara Nasional Indonesia terletak di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Dalam kunjungan tersebut, rombongan diterima langsung oleh Kapiusjarah TNI Brigjen TNI Darwin Haroen, S.I.P. di ruang Balairung Museum Satriamandala. Selanjutnya rombongan juga dibawa berkeliling melihat koleksi-koleksi di Museum Satriamandala.

Subdisjianhubmas Dislissaji

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *