Kronik TNI Agustus 2017

1 Agustus 2017
Latihan Perkasa “B” dan :D” Tahun 2017 Kohanudnas Selesai.

Latihan Perkasa “B” dan “D” merupakan Latihan Pertahanan Udara (Hanud) kelanjutan dari Latihan Kilat dan Cakra yang dilaksanakan Kohanudnas untuk menghadapi ancaman nyata di wilayah udara Kosekhanudnas II dan IV, melalui uji aplikasi piranti lunak serta kesiapan Kohanudnas II dan IV serta jajarannya dalam menghadapi kontijensi guna mewujudkan Sistem Hanudnas yang handal.   (Harian Pelita, 2 Agustus 2017).

 

1 Agustus 2017
Menkominfo Saksikan Penandatanganan Nota Kesepahaman Bakamla RI-Triasmitra.

Pada tanggal 1 Agustus telah ditandatangani Nota Kesepahaman antara Bakamla RI dengan PT Ketrosden Triamitra.   Nota Kesepahaman ini tentang Pelaksanaan Pengamanan Laut. Penandatanganan nota kesepahaman ini juga merupakan langkah yang sanagt tepat guna menyelaraskan sumber daya yang dimiliki masing-masing pihak dengan prinsip saling menguntungkan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku (Harian Pelita, 2 Agustus 2017).

 

2 Agustus 2017
Wujudkan TNI Profesional dan Modren, Kasau: Perwira TNI AU Harus Berjiwa Ksatria, Militan dan Loyal.

Pada acara pembekalan perwira remaja TNI Angkatan Udara Tahun 2017 di Cilangkap Jakarta Timur, Kasau menyatakan bahwa untuk mewujudkan TNI Angkatan Udara yang profesional dan modern perlu Perwira TNI AU yang berjiwa ksatria, militan dan loyal.   Untuk itu para perwira remaja agar selalu berpegang teguh pada Sapta Marga, Sumpah Prajaurit, Delapan Wajib TNI dan sebelas Azas Kepemimpinan TNI dalam bertindak dan bersikap dimanapun berada.   (Harian Pelita, 3 Agustus 2017).

 

2 Agustus 2017
TNI AL dan  RTN Gelar Latihan Sea Garuda 19AB-17 di Laut Jawa.

Latihan gabungan Sea Garuda adalah latihan bilateral antara TNI AL dan Royal Thai Navy (RTN) yang diadakan secara rutin setiap 2 tahun sekali.   Latihan tersebut diselenggarakan sejak tanggal 1 Agustus sampai dengan tanggal 11 Agustus 2017.   Latihan melibatkan dua kapal perang TNI AL yaitu KRI Diponegoro-365 dan KRI Hasanuddin-366 serta unsur udara Helikopter BO-105 dan CN 235 MPA dari Puspenerbal.   Sedangkan Angkatan Laut Thailand melibatkan  2 kapal perang yaitu HTMS Khirirat-432 dan HTMS Shukotai-442.   Latihan Sea Garuda 19AB-17 melibatkan peran Marinir dalam latihan taktik perang amfibi, serta melaksanakan manuver lapangan dengan tujuan berbagi pengetahuan dan pengalaman antara kedua Angkatan Laut negara ASEAN.   (Harian Pelita, 3 Agustus 2017).

 

2 Agustus 2017
Kapal Selam KRI Nagapasa-403 Segera Perkuat TNI AL

Kapal selam KRI Nagapasa-403 yang akan menjadi senjata andalan TNI Angkatan Laut segera perkuat armada TNI Angkatan Laut.   Hal ini ditandai dengan peresmian acara shipnaming dan Commissioning KRI Nagapasa-403 yang diresmikan oleh Menteri Pertahanan  (Menhan) Ryamizard Ryacudu dan Ibu Nora Ryamizard Ryacudu di dermaga galangan kapal DMSE209 (Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering), Korea Selatan.   Turut hadir pula Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. (Harian Pelita, 3 Agustus 2017).

 

2 Agustus 2017
Kerjasama Pertahanan, Ketergantungan ke Negara Besar Dikurangi.

Komitmen tersebut diungkapkan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in saat bertemu Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu pada waktu kunjungan kerja Menhan ke Korea Selatan dalam rangka serah terima kapal selam Nagapasa 403 dari Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME).   Ryamizard didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi.   (Harian Kompas, 4 Agustus 2017).

 

2 Agustus 2017
pangkostrad Tutup TMMD ke-99 di Tanjungbalai Kabupaten Asahan.

Pangkostrad Letjend TNI Ady Rahmayadi resmi menutup kegiatan TNI Manunggal membangun Desa (TMMD) ke-99 TA 2017 di wilayah Kodim 0208/Asahan Kodam I/Bukit Barisan, di lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah, Tanjungbalai, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara.   Dalam sambutannya KSAD Jenderal TNI Mulyono yang dibacakan Pangkostrad menyatakan TMMD yang dulunya bernama ABRI Masuk Desa (AMD) merupakan wujud sinergitas antara prajurit TNI, aparatur pemerintah dan elemen masyarakat dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa pada masa sekarang ini.  (Harian Pelita, 4 Agustus 2017).

 

2 Agustus 2017
Dankormar Kunjungi Satgasmar Ambalat XXII di Pulau Sebatik, Kalimantan Utara.

Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Bambang Suswantono, SH, MH., M.Tr (Han) mengunjungi prajuritnya yang sedang melaksanakan penugasan di Pulau sebatik, Nunukan, Kalimantan Utara.   Kegiatan diawali dengan mengunjungi pos Bambangan dilanjutkan dengan mengunjungi Pos Tembaring, Pos Balansiku, Pos Sei Taiwan, Pos Bajo Laut, Pos Sei Pancang dan Pos Ketis di Sei Bajo.   Dalam arahannya yang diaberikan di setiap pos disampaikan oleh Dankormar bahwa tugas yang dilaksanakan di Pulau sebatik merupakan amanah dari seluruh rakyat Indonesia, yaitu untuka menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI (Harian Pelita, 4 Agustus 2017).

 

3 Agustus 2017
Peserta Latma Sea Garuda 19 AB-17 Laksanakan Pre-Sail Conference.

Menjelang pelaksanaan Manuvra Lapangan, memasuki hari kedua latihan bersama antara TNI Angkatan Laut dengan Royal Thailand Navy (RTN) dengan sandi sea Garuda 19 AB-17 melaksanakan Pre Sail Conference di ruang TFG Pusat Latihan Kapal Perang (Puslatkaprang) Komando Armada RI Kawasan Timur (Kolatmartim), Ujung Surabaya.   Kegiatan ini digelar bertujuan untuk menyatukan pemahaman dan persepsi tentang materi latihan yang akan dilaksanakan saat Manuvra Lapangan (Manlap) di perairan laut Jawa pekan depan  (Harian Pelita, 4 Agustus 2017).

                                         

3 Agustus 2017
Panglima TNI Pimpin Sidang Pantukhir Capratar Akademi TNI.

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo didampingi Kasad Jenderal TNI Mulyono, Kasau Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Wakasal Laksdya TNI A Taufiqoerrochman, memimpin sidang Penilaian Penentuan Akhir (Pantukhir) terpusat sebanyak 590 Calon Prajurit Taruni dan Taruni (Capratar) Akademi TNI.   (Harian Pelita, 4 Agustus 2017).

 

4 Agustus 2017
Panglima TNI: Waspadai Benih-benih Perpecahan Antar Agama.

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dalam sambutannya pada acara Simakrama Kebangsaan Parisada Hindu Dharma dengan tema “wawasan Kebangsaan” yang dihadiri 2.800 Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat di Taman Bhagawan, Jalan Pratama Tanjung Benoa Denpasar Bali, menyatakan bahwa Jangan sampai ada pertikaian dan konflik antar agama yang dapat merusak, menghancurkan bangsa dan negara, jangan sampai itu terjadi, hal ini yang membuat perpecahan antar masyarakat, antar kelompok agama dan antar saudara-saudara kita sendiri. (Harian Pelita, 7 Agustus 2017).

 

4 Agustus 2017
Pangkostrad Buka Latihan Pembentukan Taipur VII TA 2017.

Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi secara resmi mebuka Latihan Pembentukan Taipur VII TA 2017, didaerah latihan Kostrad Gunung Sanggabuana Karawang Jawa Barat.   Latihan ini dilaksanakan dalam rangka peningkatan kemampuan sekaligus memenuhi tuntutan organisasi khususnya bidang personel sebagai langkah peremajaan atau kaderisasi personel perajurit Taipur satuan Yonintelpur Kostrad.  (Harian Pelita, 7 Agustus 2017).

 

4 Agustus 2017
Latma Thunder Iron 17-2446 Antara Kopaska TNI AL dengan US Navy Seal Resmi Dibuka.

Kepala Staf Komando Armada RI Kawasan Timur (Kasarmatim) Laksamana Pertama (Laksma) TNI I.N.G. Ariawan, S.E., M.M., mewakili Asisten Operasi (Asops) Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Muda (Laksda) TNI I.N.G. Ary Atmadja, S.E., membuka Latihan Bersama (Latma) Thunder Iron 17-2446 antara Kopaska TNI AL dengan US Navy Seals di Auditorium Pusat Latihan Kapal Perang (Puslatkaprang) Kolatarmatim Ujung Surabaya.   Latihan ini merupakan wujud kebijakan Luar Negeri antara pemerintrah Indonesia denganpemerintah Amerika Serikat dalam bidang kemiliteran.   (Harian Pelita, 7 Agustus 2017).

 

8 Agustus 2017
Kunjungan Kasau Brunei di Mabes TNI

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantiyo menerima courtesy call Panglima Tentara Tentara Udara  Diraja Brunei (Kasau Brunei) Brigadir Jenderal (U) Dato Seri Pahlawan Shahrir Anwar Bin Haji Ma’awiah di Cilangkap, Jakarta Timur (Harian Pelita, 9 Agustus 2017).

 

8 Agustus 2017
Kodam III/Siliwangi Bersama 10 BUMN Bangun Rumah Veteran.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI M. Herindra  mendatangani MoU kesepakatan kerjasama dengan 10 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Ruang Siliwangi Makodam III/Siliwangi, jalan Aceh, Bandung. Keterlibatan 10 BUMN  yang bekerja sama dengan Kodam III/Siliwangi, yaitu PT Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, Bank tabungan Negara, Telkom Indonesia, Pupuk Indonesia, Bio Farma, Pembangunan Perumahan Tbk, Pelabuhan Indonesia 2 dan Pegadaian (Harian Pelita, 9 Agustus 2017).

 

8 Agustu 2017
Pengukuhan Pahlawan Kusuma  bangsa Prajurit Korps Marinir.

Komandan Korps Marinir  Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswanto, SH, MH, M.Tr (Han) didampingi pejabat utama  Korps Marinir  menghadiri pengukuhan  dan penyerahan putra terbaik Korps Marinir  TNI AL  kepada pemerintah daerah Kota Cirebon sebagai pahlawan kusuma bangsa yang gugur di medan tugas, Alun-Alun Kejaksaan Kota Cirebon. Empat terbaik adalah Mayor Laut (P) (Anumerta) II Solihin, Koptu Mar (Anumerta) Samsudin, Kopda (Tlg) (Anumerta) Tubono, dan Kopda Mar (Anumerta) Nono Surya (Harian Pelita, 9  Agustus 2017)

 

8 Agustus 2017
Sekkau Gandeng PNRI Tingkatkan Kualitas Didik

Komandan Sekolah Komando Kesatuan Angkatan Udara  (Dan Sekkau), Kolonel Pnb   Jorry S Koloay, S.IP., mengadakan kunjungan ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI), Salemba Raya, Jakarta Pusat.  Komandan Sekkau menggandeng Perpustakaan Nasional RI untuk dapat mewujudkan peningkatan kualitas hasil didik agar tercapai kriteria prajurit yangh profesional (Harian Pelita, 9 Agustus 2017).

 

9 Agustus 2017
Babinkum TNI Beri Penyuluhan Hukum Personel Kohanudnas Jakarta.

Tim Penyuluhan hukum dari Babinkum TNI mengadakan safari penyuluhan hukum bagi satuan-satuan jajaran TNI pada 9 Agustus 2017  yang diikuti 200 dari personel Markas Kohanudnas dan Kosekhanudnas I Jakarta. Pangkohanudnas  Marsda TNI Yuyu Sutisna  S.E., M.M., dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Staf Kohanudnas Marsekal Pertama TNI Tamsil Gustari Malik antara lain menyatakan hukum disiplin prajurit TNI adalah ketaatan dan kepatuahan yang sungguh-sungguh bagi setiap prajurit TNI yang didukung oleh kesadaran yang bersendikan Sapta Marga dan Sumpah Prajurit. (Harian Pelita, 10 Agustus 2017).

 

9 Agustus 2017
Latma Sea Garuda 19AB-17 Tahun 2017 Resmi Ditutup

Latihan Bersama (Latma)  gabungan antara TNI AL dan Royal Thai Navy (RTN) dengan sandi  “Sea Garuda 19Ab-17” tahun 2017, secara resmi ditutup oleh Komandan Guspurlatim Laksamana Pertama (Laksma) TNI Rachmad  Jayadi, M.Tr (Han) mewakili Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H., M.A.P., bersama Commander Frigate Squadron 1 RADM Kosit, upacara berlangsung di Gedung Mandalika Pangkalan  TNI AL, Semarang.  Pangarmatim dalam amanatnya yang dibacakan Komandan Guspurlatim berharap latihan bisa mengembangkan dan meningkatkan kemampuan teknis dalam tim atau individu agar menjadi personel yang profesional (Harian Pelita, 10 Agustus 2017).

9 Agustus 2017
Peresmian Monumen Nagapasa 2

Komandan Detasemen Matra 2 Paskhas  Letkol Pas Helmi Ardiyanto  Nange, SE, menandatangai prasasti peresmian monumen Nagapasa  bertempat di Kesatrian Detasemen Matra 2 Paskhas pada 9 Agustus 2017. Monumen tersebut, bertujuan untuk meningkatkan rasa kebanggaan prajurit terhadap satuan (Harian Pelita, 10 Agustus 2017).

 

10 Agustus 2017
Anjangsana Ketua Persit KCK Gabungan Kostrad ke Kediaman Ibu Hj Karlinah Umar Wirahadikusumah.

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Gabungan Kostrad, Ny. Nawal Edy Rahmayadi melakukan angjangsana ke kediaman Ibu Hj. Karlinah Umar Wirahadikusumah di Menteng, Jakarta Pusat. Ibu Karlinah  adalah isteri Jenderal TNI (Purn) Umar Wirahadikusumah, Pangkostrad ke-2  yang juga pernah menjabat sebagai Kasad, Ketua BPK dan terakhir sebagai Wakil Presiden ke-4 RI (Harian Pelita, 11 Agustus 2017).

 

10 Agustus 2017
Pangarmatim Terima Kunjungan Kerja Kepala Konjen Jepang.

Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H., M.A.P.,  menyambut kedatangan Kepala Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang Mr. Masaki Tani didampingi wakilnya yaitu Mrs. Matsushiro Katsumi dan seorang Staf Mr Kashiwabara Keigo di VIP Room Laksamana Nala, Markas Komando (Mako) Armada RI Kawasan Timur (Armatim), Surabaya.  Menurut Pangarmatim, bahwa kunjungan dapat memperdalam kerjasama bilateral antara Indonesiadan Jepang, khususnya dalam bidang pertahanan laut (Harian Pelita, 11 Agustus 2017).

 

10 Agustus 2017
Wakasau Tutup Latma Elang Thainesia XVIII/2017

Setelah berlangsung selama hampir dua pekan, Latihan Bersama (Latma) Elang Thainesia XVIII/2017 antara TNI AU – Royal Thai Air Force (RTAF) ditutup dengan ditandai pelepasan tanda latihan oleh Wakasau Marsdya TNI Hadiyan  Sumintaatmadja yang didampingi Chief of Air  Staf  of RTAF  Air Chief Marshall Surasak Toongtong  di Appron Baseops Lanud Roesmin Nurjadin.  Wakasau menyampaikan bahwa tujuan Latma adalah untuk mempererat hubungan yang telah terjalin dengan baik dan meningkatkan kapabilitas serta profesionalisme personel kedua angkatan udara yang terlihat dalam taktik dan teknik operasi udara (Harian Pelita, 11 Agustus 2017).

 

Kasau: Pentingnya Penyiapan SDM Profesional di Bidang Kedirgantaraan.

Sebagai inti kekuatan pertahanan Dirgantaranasional, TNI Angkatan Udara melalui Yayasan Adi Upaya (Yasau) menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) profesional di bidang kedirgantaraan salah satu upaya yang dilakukan dengan membangun Perguruan Tinggi (PT) Institut Teknologi Dirgantara (ITD).  Tahun 1989 pembangunan ITD yang awalnya tiga jurusan yaitu  Teknik Logistik Penerbangan, Taknik Aeronautika dan Teknik Elektro Penerbangan, diharapkan dapat menjawab kebutuhan SDM di bidang teknologi  Kedirgantaraan (Harian Pelita, 11 Agustus 2017)

 

Guspurla Koarmabar Tangkap KIA berbendera Malaysia Pelaku “Illegal Fishing”.

Salah satu unsur KRI di Bawah Kendali Operasi (BKO) Gugus Tempur Laut (Guspurla) Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) yang dipimpin Komandan Guspurlaarmabar Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah, S.E., menangkap dan mengamankan kapal ikan asing  (KIA) Malaysia yang sedang melakukan penangkapan ikan tanpa dilengkapi dokumen yang sah (illegal fishing) di perairan Indonesia.  Dari hasil pemeriksaan sementara, KIA Malasyia tersebut diduga kuat telah melakukan pelanggaran batas wilayah perairan Indonesia dengan melakukan penangkapan ikan tanpa dilengkapi dokumen dan ijin yang sah (Harian Pelita, 12 Agustus 2017).

 

12 Agustus 2017
Kostrad ikuti latihan antar Kecabangan TNI AD di Baturaja

Puncak latihan antar kecabangan TNI AD tahun 2017 disaksikan langsung oleh Kasad Jenderal TNI Mulyono, Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi, Komandan Kodiklat Angkatan Darat Letjen TNI Agus Kriswanto, Kakostrad Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., Pangdiv I Kostrad Mayjen TNI Ainurrahman, Pangdiv 2 Kostrad Mayjen TNI Agus Suhardi,  para Asisten Kasad,  para Panglima Kotama TNI AD dan para perwira tinggi Angkatan Darat di Bataraja pada 12 Agustus 2017.  Tujuan Latihan Antar kecabangan (Ancab) adalah untuk meningkatkan kemampuan tempur tingkat perorangan sampai dengan satuan setingkat Brigade dan kerjasama antarsatuan/kecabangan (Harian Pelita, 14 Agustus 2017)

 

Bakamla RI Bekali Personel Kemampuan Keselamatan dan Penyelamatan Diri di Laut.

Dalam rangka membekali personel Bakamla RI kemampuan dasar keselamatan diri sendiri maupun orang lain selama bertugas di kapal maupun yang akan melakukan aktivitas  di atas kapal, Bakamla RI menyelenggarakan Pelatihann Basic Safety Training (BST). Kasubdit penyelenggara Latihan Bakamla RI Kombes Pol Beny Iskandar, S.Ik., M.Si., mewakili Direktur Latihan Laksma TNI Muspin Santoso, S.H., M,Si., membuka acara sekaligus membacakan kata sambutan, di Bina Sena, Simulator Center, Ciawi, Bogor (Harian Pelita, 14 Agustus 2017).

 

Helikopter Mendarat di Mappi, Tim Ekspedisi NKRI Evakuasi Pasien.

Tim Ekspedisi NKRI Subkor wi-2/Mappi melakukan evakuasi seorang ibu yang akan melahirkan dan seorang pasen  korban tersengat aliran listrik menggunakan Helikopter ke RSUD Merauke.  Evakuasi dilakukan karena si Ibu yang bernama Christiani Salma berusia 21 tahun dari Distrik Bade  akan segera melahirkan bayi kembar, sehingga perlu dilaksanakan operasi cesar  yang hanya bisa dilakukan di RSUD Merauke. Karena keterbatasan fasilitas di RS Kepi proses evakuasi dilaksanakan menggunakan Helikopter oleh Tim Ekspedisi NKRI Subkorwil-2/Mappi bersama Tim Medis RS Kepi menuju RSUD Merauke (Harian Pelita, 14 Agustus 2017).

 

12 Agustus 2017
TNI AD Gelar Latihan Tingkatkan Daya Tempur.

Untuk dapat melaksanakan tugas pokok TNI diperlukan prajurit yang profesional.   Profesionalisme prajurit dapat tercapai melalui latihan yang memadai dan kontinu.   Untuk itu TNI AD mengadakan latihan antar kecabangan di Baturaja Sumatera Selatan.   Pada puncak kegiatan disaksikan Kepa Staf Angkatan darat Jenderal Mulyono, Komandan Kodiklat AD Letjen Agus Kriswanto, para Asisten KSAD dan panglima Kotama TNI AD serta para Perwira Tinggi AD (Harian Media Indonesia, Minggu 13 Agustus 2017)

 

13 Agustus 2017
RI Siap Bangun Kapal Selam Sendiri pada 2019.

Setelah pembangunan kapal selam ketiga yang merupakan kerja sama RI dengan Korea Selatan, Indonesia diharapkan dapat membangun sendiri kapal-kapal selam berikutnya.   Sesuai rencana strategis pemenuhan kebutuhan pokok minimum alat utama sistem persenjataan, TNI Angkatan Laut membutuhkan 12 kapal selam untuk melaksanakan tugas pokoknya.  Awal Agustus ini, TNI AL baru mendapatkan kapal selam KRI Nagapasa 403.   KRI Nagapasa adalah kapal selam pertama yang dibangun Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) Co Ltd untuk Indonesia.  Kapal selam tipe 209/1400 itu diadakan disertai skema transfer teknologi.   Menurut rencana, kapal selam ketiga akan dibangun di PT PAL Surabaya. (Harian Kompas, 14 Agustus 2017).

 

14 Agustus 2017
Gerakan Doa Bersama 17 17 17 untuk Indonesia lebih kasih sayang
.

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia  ke-72 tanggal 17 Agustus 2017, TNI bersama-sama masyarakat seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke, akan menggelar Gerakan Doa Bersama  17 17 17 (tanggal 17 Agustus pukul 17.00  tahun 2017 yang bertemakan “Muroja’ah Untuk Lebih Berkasi Sayang”.  Hal tersebut dikatakan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Wuryanto, S.Sos., M,Si., di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur (Harian Pelita, 15 Agustus 2017).

 

Bakamla RI Periksa Kapal Tanker Berlayar Tanpa SPB

Tim Unit Reaksi Cepat Laut (URCL) Bakamla RI dan kru KP Napoleon  006 PSDK yang tergabung dalam operasi Nusantara Bakamla RI berhasil menangkap  sebuah kapal Tanker  yang tidak dilengkapi Surat Persetujuan Berlayar di Perairan Utara Pulau Untung Jawa.  Menurut Kasub Humas Bakamla RI, Kapten Marinir Mardiono, Kapal berbobot  578 GT ini terjaling patroli rutin pengamanan laut yang dilaksanakan Bakamla RI di Perairan Indonesia (Harian Pelita, 15 Agustus 2017).

 

Kasau: Sesko AU harus Mampu Siapkan Pemimpin Berkualitas.

Menyikapi perkembangan teknologi kedirgantaraan yang demikian peast, Sekolah Staf Komando TNI AU (Seskoau) sebagai lembaga pendidikan pengembangan umum tertinggi TNI AU diharapkan mampu menunjukkan perannya dengan menyiapkan calon-calon pemimpin berkualitas. Hal ini, disampaikan Kepala Staf TNI AU (Kasau) Marsekal TNI Hadu Tjahjanto, S.I.P., dalam sambutannya saat memimpin penyumpahan Jabatan dan penandatanganan  Pakta Integritas Sertijab Komandan Sekoau di Auditorium  Denma Mabesau Cilangkap (Pelita Harian, 15 Agustus 2017).

14 Agustus 2017
Panglima TNI: Ulama Indonesia Tidak akan Merubah Pancasila
.

Tidak akan ada ulama Indonesia yang mempunyai pikiran dan berkeinginan merubah Pancasila  yang merupakan Ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia, karena kemerdekaan Republik Indonesia ini direbut oleh seluruh komponen bangsa termasuk para ulama, kyai dan santri. Hal tersebut disampaikan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo saat memberikan ceramah  “Tausi-ahKebangsaan” dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 tahun 2017 yang diselengarakan di Wisma Perdamaian Gubernur, Jl. Tugu Muda Semarang (Harian Pelita, 16 Agustus 2017).

 

14 Agustus 2017
KSAU : Jalur Wilayah Selatan Akan Lancar.

KSAU Marsekal Hadi Tjahjanto memastikan penerbangan komersial dan latihan tempur TNI AU di jalur udara wilayah selatan Pulau Jawa akan berjalan lancar, demikian dikatakan di Mabes AU Cilangkap Jakarta.   (Harian Kompas, 15 Agustus 2017).

 

17 Agustus 2017
Kodam Jaya Gelar Doa Bersama  17 17 17 di Wilayah Korem 051/Wkt.

Bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72  Tahun pada tanggal 17 Agustus 2017, Kodam Jaya/Jayakarta menggelar do’a Bersama 17 17 17 yang dipusatkan di area Summarecon  Mal Bekasi  di wilayah Korem  051/Wkt.  Menurut Wakil Kepala Pendam Jaya/ Jayakarta Letkol Caj Supadmo, Gerakan Do’a Bersama 17 17 17 yang dipelopori Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo ini melibatkan semua lapisan masyarakat maupun golongan baik agama maupun suku, dengan tujuan mendoakan sesama anak bangsa Indonesia lebih memiliki kasih sayang, dapat menjaga kebersamaan, persatuan dan keutuhan dalam bingkai NKRI (Harian Pelita, 18 Agustus 2017).

 

17 Agustus 2017
Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-72 di Mabesal

Seluruh personel Mabesal memperingati  hari kemerdekaan RI ke-72. Inspektoran Jenderal dan Perbendaharaan  Angkatan Laut (Irjen) Laksamana Muda TNI Tri Prasodjo selaku Inspektur Upacara (Irup) memimpin Upacara Peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI di Lapangan Apel  Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta.  Dalam amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., yang dibacakan Irjenal menyampaikan bahwa peringatan ini merupakan saat yang tepat untuk kembali mengenal jasa-jasa para pahlawan bangsa (Harian Pelita, 18 Agustus 2017).

 

17 Agustus 2017
Kasau: Nilai-Nilai Perjuangan Jadikan Motivasi dan Inspirasi Generasi Penerus Bangsa.

Nilai perjuangan yang diharapkan para pejuang memiliki sifat hakiki, luwes, lestari dan dinamis, karenanya tetap relevan dijadikan motivasi dan inspirasi generasi penerus bangsa, karena itulah kita mampu bertahan secara teguh dan konsisten namun tetap bersikap luwes, dinamis dan antisipatif dalam menghadapi berbagai ancaman terhadap keselamatan NKRI.  Demikian sambutan Kasau Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P.,  dalam sambutannya pada Upacara Peringatan HUT RI ke-72 yang dibacakan  Aspers Kasau Marsda TNI Yadi Husyadi di Lapangan Apel Mabesau, Cilangkap (Harian Pelita, 18 Agustus 2017).

 

18 Agustus 2017
54 Tahun Wanita Angkatan Udara: Wara Harus Bisa Menjadi Agen Perubahan dalam Pembangunan Organisasi TNI AU.

Kunci keberhasilan dalamm pelaksanaan tugas adalah selalu berupaya meningkatkan kemampuan diri untuk menjadi lebih baik sejalan dengan motto warga yang berbunyi “Karya Bhakti Sakti Sejati”, yang mengandung arti prajurit wanita yang mengabdikan diri kepada bangsa dan negara dengan keahlian dan kemahiran yang dimilikinya. Untuk itu, menurut Kasau Marsekal TNI Hadi Tjahjanto S.Ip., berharap Wara mampu memberikan pengabdian yang terbaik bagi TNI, bangsa dan negara dan menjadi  agen perubahan dalam pembangunan Organisasi TNI AU. Upacara peringatan ke-54 Hari Ulang Tahun Wara di Lapangan apel Mabesau Cilangkap (Harian Pelita, 21Agustus 2017).

 

19 Agustus 2017
Kasum TNI: Mahasiswa Harus Tinhgkatkan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara

Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A, mengatakan bahwa para mahasiswa harus memperkuat Wawasan Kebangsaan dan meningkatkan kesadaran Bela Negara serta mengembangkan kemampuan diri di lingkungan masyarakat, dalam rangka menghadapi berbagai potensi permasalahan yang akan dihadapi, apabila nanti mahasiswa sudah terjun ke masyarakat. Hal tetrsebut, disampaikan Kasum TNI mewakili Panglima TNI Gatot Nurmantyo saatm memberikan pembekalan tentang “Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara”  dihadapan 6.258 Mahasiswa  Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada acara MasaPengenalan Akademik (MPA) bertempat di Stadion Olah Raga Atletik Rawamangun, Jakarta (Harian Pelita, 21 Agustus 2017).

 

20 Agustus 2017
Kadiskesal Menjadi Pembicara di HING JSC di Hawaii.

Kepala Dinas Kesehatan TNI Angkatan Laut  (Kadiskesal) Laksamana Pertama TNI drg Nora Lelyana, MH. Kes hadir sebagai pembicara pada kegiatan Hawaii National Guard Joint Comanders Conference  (HING JSC) yang bertempat di Waimanalo Hawaii Amerika Serikat. HING JSC adalah pefrtemuan apel Komandan Satuann Hawaii National Guard yang merupakan kegiatan pembinaan satuan yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dan kesiapsiagaan para perwira HING untuk mendukung United States Pasific Command (US PACOM) serta membuka wawasan para perwira HING tentang kawasan Asia Pasific (Harian Pelita, 21 Agustus 2017).

 

21 Agustus 2017
Prajurit Kostrad Masuk Nominator Festival Prestasi Indonesia UKP Pancasila.

Dalam rangka turut menyemarakkan 72 tahun kemerdekaan Republik Indonesia, Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP)  menyelenggaraka  kegiatan bertajuk Festival Prestasi Indonesia pada 21 – 22 Agustus 2017 di Jakarta Convention Center (JCC)  yang dibuka oleh Menteri Kemaritiman Luhut Binsar panjaitan. Kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi terhadap 72 ikon berprestasi tanah air yang telah memberikan kinerja positif kepada negara.  Salah satu nominator yang masuk adalah prajurit Kostrad Serda Wolly Hamsah  dari Detasemen Markas (Denma) Divisi Invanteri 1 Kostrad yang telah menjuarai lomba menembak ASEAN  Armies Rifle Met (AARM) dan lomba tembak Australian Army of Skill Arsm at Meeting (AASAM) 2017 di Australia  (Harian Pelita, 22 Agustus 2017).

 

21 Agustus 2017
Membandingkan Ambisi Maritim China – Indonesia.

Cina dan Indonesia memiliki ambisi maritimnya masing-masing. Jika Beijing meluncurkan “Belt and Road Intiave”, Jakarta berkeinginan tampil sebagai Poros Maritim dunia.  Untuk menjelaskan visi yang telah disampaikan Presiden Joko Widodo dalam pidato pelantikannya  sebagai presiden ketujuh RI pada 20 Oktober 2014 itu, diterbitkanlah buku putih setebal 53 halaman (Agistia, 2016).  Adapun China menerangkan apa dan bagaimana ambisi maritim tersebut dalam dokumen berjudul “visi dan aksi Membangun Bersama Sabuk Ekonomi Jalur Sutra Maritim Abad XXI” (2015). Terlepas dari dokumen tertulis yang telah diterbitkan Beijing dan Jakarta untuk menjelaskan latar belakang filosofis dan praktis dari visi maritim masing-masing negara, Cina tampaknya lebih serius (Harian Pelita, 22 Agustus 2017).

 

 22 Agustus 2017
Beli 11 Sukhoi Sekalligus Pacu Ekspor.

Pemerintah Indonesia akan mendatangkan 11 unit pesawat tempur Sukhoi SU-35 dari Rusia untuk menggantikan armada pesawat F-5 yang sudah usang.   Pembelian pesawat ini harus diimbangi oleh Rusia untuka membeli komoditas ekspor Indonesia.   Kesepakatan itu merujuk nota kesepahaman (MoU) antara BUMN asal Rusia dan Indonesia.   Ryamizard menjelaskan pembelian 11 unit sukhoi SU-35 yang dibanderol US$1,14 miliar (Rp15,3 T) akan memberikan ekspor ke Rusia bagi Indonesia sebesar 50 % atau setara US$570 juta.   Jika tidak ada halangan pesawat tersebut bakal mendarat di tanah air pada 2019 (Harian Media Indonesia 13 Agustus 2017).

 

22 Agustus 2017
Panglima TNI, Paskibraka Adalah Orang Pilihan Yang Sangat Luar Biasa.

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmatyo saat memberikan pencerahan dihadapan 68 orang Purna Paskibraka 2017  yang terpilih dari 34 Provinsi di Indonesia, bertempat di Aula gatot Subroto, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur.  Panglima TNI mengatakan bahwa yang dilakukan sekarang ini adalah perjuangan hidup untuk meraih kesuksesan masa depan, jadi jangan pernah lelah untuk berjuang. Para Purna Paskibraka jangan pernah takut untuk mencoba hal yang baru dan jangan takut gagal.  Gagal itu biasa tetapi bangkit dari kegagalan adalah luar biasa (Harian Pelita, 23 Agustus 2017).

 

22 Agustus 2017
Kolinlamil Fasilitasi Gelar Pasukan Satgas MTF Konga XXVIII-J UNIFIL.

Sebanyak 100 prajurit TNI AL yang tergabung dalam dalam Satgas Maritim TNI Kontingen Garuda (Konga) XXVIII-J UNIFIL 2017 telah melaksanakan apel gelar perlengkapan yang dilaksanakan di Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Jakarta. Dansatgas Maritim TNI Konga XXVIII-F Kolonel Laut (P)  Alan Dahlan, S.H.,  selaku Danup melaporkan kesiapan gelar perlengkapan kepada Waasops Panglima TNI Laksma TNI Nurhidayat yang mewakili Asops Panglima TNI  Mayjen TNI Lodewyk Pusung (Harian Pelita, 23 Agustus 2017).

 

22 Agustus 2017
Kasau Beri Pembekalan Anggota Paskibraka Tahun 2017.

Jangan pernah berhenti untuk belajar dan jangan mudah menyerah, terhadap hambatan yang dihadapi. Ingat hasil tidak pernah menghianati usaha, ungkapan sederhana tapi sangat tepat.  Karena itu, perpaduan harmonis antara kemauan kemampuan dan kesempatan.  Hal tersebut dikatakan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Hadi Tjahjanto S.I.P., pada pembekalan kepada anggota Paskibraka tahun 2017 di Auditorium Denma Mabesau, Jakarta.  Lebih lanjut Kasau berpesan, raihlah prestasi setinggi-tingginya sesuai bidang yang engkau cita-citakan, untuk mengibarkan Bendera Merah Putih (Harian Pelita, 23 Agustus 2017).

 

22 Agustus 2017
Pangdivif 1 Kostrad Lepas Kontingen BDM Yong Moodo

Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 1 Kostrad Mayjen TNI Anurrahman melepas atlet bela diri militer (BDM)  Yong Moodo Divif 1 Kostrad untuk mengikuti pertandingan Piala Kasad Cup ke-7 di Pusat Pendidikan  Polisi Militer  (Pusdik POM) Cimahi Bandung, bertempat di Serambi Kehormatan Markas Divif 1 Kostrad, Cilodong, Depok.  Pangdivif 1 Kostrad menyampaikan sebagai atlet BDM Yong Moodo yang terpilih, kalian harus bangga mendapat kepercayaan untuk membawa nama baik satuan Divif 1 Kostrad  dalam mengikuti lomba  Piala Kasad ke-7 tahun 2017 (Harian Pelita, 24 Agustus 2017).

22 Agustus 2017
Guspurla Koarmabar Menangkap Kapal Tanpa Dilengkapi Dokumen.

KRI Torani-860 salah satu unsur di bawah kendali operasi (BKO) Gugus Tempur Laut (Guspurla) Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar)  menangkap dan mengamankan Kapal Layar Motor KLM  Sinar Nusantara yang berlayar tanpa di lengkapi dengan dokumen.  KLM Sinar Nusantara tersebut, diperiksa dan diamankan oleh KRI Torani-860 yang sedang terlibat dalam operasi Kanal  Udhaya pada posisi 02º09.800’ LU – 101º50.400’ BT di Perairan Pulau Bengkalis.  Hasil pemeriksaan dan penggeledahan, data yang diperoleh yaitu KLM Sinar Nusantara berbobot 128 GT, pemilik atas nama  H Sapar dengan membawa muatan rokok sebanyak 975 pack (Harian Pelita, 24 Agustus 2017).

 

22 Agustus 2017
Kasau Terima Komisaris Utama PAP I

Kasau Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., menerima kunjungan Komisaris Utama PT Angkasa Pura I (PAP) Persero Andi Wijanarko, beserta para Dewan Komisaris dan Dewan Direktur, di Ruang Tamu Kehormatan Kasau, Mabesau, Cilangkap, Jakarta Timur. Kunjungan tersebut dalam rangka silaturahmi dan perkenalan sehubungan dengan diangkatnya sebagai pejabat baru di lingkungan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).  Dalam pertemuan itu, Kasau dengan Komisaris Utama PAP I, membahas permasalahan dan solusinya tentang pengelolaan bandara antara PAP I dengan TNI Angkatan Udara, terutama bandara yang beroperasi di wilayah Pangkalan TNI AU (Harian Pelita, 24 Agustus 2017).

 

25 Agustus 2017
TNI AL Sukses Gelar International Maritime Security Symposium.

TNI Angkatan laut sukse menggelar International Maritime Security Symposium 2017 (IMSS 2017) di Bali dari tanggal 23 sampai dengan 25 Agustus 2017.   Kegiatan IMSS diikuti 43 negara yang tergabung dalam keanggotaan Indian Ocean Naval Symposium (IONS) dan western pacific Naval Sympposium (WPNS).   Kasal mengatakan bahwa dalam pengelolaan keamanan laut yang baik menjadi kunci dalam meningkatkan ekonomi, kesejahteraan dan stabilitas satu negara.   Oleh karena itu hal yang dapat diambil dari pembahasan di simposium ini bahwa menjaga keamanan maritim menjadi tanggungjawab untuka menghadapi masa depan secara bersama, kata Kasal (Harian Pelita, 28 Agustus 2017)

 

28 Agustus 2017
PT PAL Kebut Produksi Kapal TNI AL.

PT PAL Indonesia menyelesaikan peletakan lunas yang merupakan tahap kedua dari lima tahapan proses pembuatan kapal landing platform dock (LPD) pesanan TNI AL.   Seremonial peletakan dilakukan di Grand Assembly Area Divisi Kapal Niaga PT PAL Surabaya Jawa Timur.   Turut menyaksikan antara lain Direktur Utama PT PAL Budiman saleh, Wakil Komisaris PT PAL Rahmat Lubis dan Asisten Logistik Kepala staf TNI Angkatan laut Laksamana Muda Mulyadi.   (Harian Media Indonesia, 29 Agustus 2017).

                                       

28 Agustus 2017
Kapal Selam TNI AL Perkuat kemampuan Perang Bawah permukaan.

KRI Nagapasa-403 tiba di Dermaga Korps Hiu Kencana Satuan Kapal Selam Komando Armada RI Kawasan Timur .   Kapal Selam ini diapesan dari Korea Selatan.   Kapal Selam ini memiliki panjang 61,3 meter dengan kecepatan sekitar 21 knot di bawah air.   Kapal ini mampu berlayar 50 hari dan membawa 40 kru.   Kapal juga dipersenjatai torpedo dengan fasilitas delapan tabung peluncur.   Harga kapal mencapat Rp4,7 Triliyun (Harian Kompas, 29 Agustus 2017).

                                         

28 Agustus 2017
Kapal Selam KRI Nagapasa-403 Perkuat Alutsista Jajaran TNI AL.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., memimpin upacara penyambutan kedatangan KRI Nagapasa-403 di Dermaga Ujung Koarmatim Surabaya.   Kapal selam ini tiba dari Korea Selatan setelah diresmikan oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu dan Ibu Nora Ryamizard Ryacudu pada tanggal 2 Agustus 2017.   Kasal menjelaskan KRI Nagapasa-403 merupakan kapal selam kelas 209/1400 pertama dari tiga buah kapal selam sejenis yang dibangun di Korea Selatan dan Indoanesia.   Hadairnya KRI Nagapasa-403 di jajaran TNI AL dapat memberikan daya tanggal (Deterence Effect) di kawasan regional danmenambah eksistensi TNI AL dalam melaksanakan tugas dan berpean aktif memperkuat pertahanan negara.   (Harian pelita, 29 Agustus 2017).

 

Agustus 2017
Kasad Beri Penghargaan Prajurit Berprestasi.

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono Memberikan penghargaan kepada dua orang prajurit TNI AD berprestasi di Ruang Tamu Kasad, Mabesad Jakarta.   Kedua orang tersebut adalah Sersan kepala (Serka) Muhammad darwis, Bintal Pembina Desa (Babinsa) 1412-03/Lasusu Kodim 1412/Kolaka Sulawesi Tenggara.   Serka Darwis menuai pujian masyarakat setelah video kesehariannya membantu menyeberangkan warga masayarakat di Desa Maroko Sulawesi Tenggara dengan menggunakan sebuah gondola sederhana yang tergantung di seutas tali diatas sungai berarus deras.   Sedangkan Prajurit lainnya adalah  Sersan Dua (Serda) Suyono Babinsa Desa Sidomulyo Koramil 02/Kaliori Kodim 0720/Rembang Jawa Tengah.   Serda Suyono terkenal atas kesigapannya dalam insiden upacara peringatan hari Kemerdekaan di lapangan kantor kecamatan Kaliori  Rembang Jawa Tengah pada Kamis (17/8), saat cicncin pengait bendera yang akan dikibarkan pasukan pengibar bendera, belum terkait sempurna, sehingga ketika ditarik pengaitnya lepas dan tali tertarik naik ebberapa meter.   Serda suyono segera memanjat tiang bendera dan menarik tali yang lepas.   (Harian Pelita, 29 Agustus 2017).

 

28 Agustus 2017
Hercules C-130 Terbaru Perkuat Alutsista TNI AU.

Pesawat Hercules C-130 terbaru tiba di Pangkalan Udara Abdurachma Salaeh, Malang.    Pesawat ini menambah jumlah Hercules yang dipunya TNI Angkatan Udara menghuni Skadron Udara 32 Wing 2 Lanud Abd Saleh.   (Harian Pelita, 30 Agustus  2017).

 

Agustus 2017
Kontingen Garuda XXXV-C/Unamid Gelar “Seminar Kebangsaan” di Sudan.

Dalam rangka memberikan wawasan dan memupuk semangat kebangasaan, Satgas Batalyon Komposit TNI Kontingen Garuda (Konga) XXXV-C/Unamid (United Nations Mission In Darfur) atau Indonesian Batallion (Indobatt-03) bekerjasama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Sudan, nebggelar Seminar Kebangsaan kepada para mahasiswa mahasiswi, pemuda pemudi dan masyarakat Indonesia yang bekerja di Sudan, bertempat di gedung Pertemuan Kedubes RI untuk Sudan (Khartum) Afrika.   Komandan Satgas Konga XXXV-C/Unaimid Letkol Inf Syamsul Alam, S.E., sebagai nara sumber mengatakan bahwa tujuan dari Seminar Kebangsaan ini adalah untuk mengingatkan kembali masyarakat yang sadar akan masa depan bangsa Indonesia.   (Harian pelita, 30 Agustus 2017

 

29 Agustus 2017
Pangdam Jaya/Jayakarta Laksanakan Latbakjatri Triwulan III TA 2017.    

Penerangan Kodam Jaya/Jayakarta (Pengdam Jaya/Jayakarta) di bawah kepemimpinan Wakapendam Jaya Letkol  Caj Supadmo melaksanakan latihan menembak senjata ringan (Latbakjatri) Triwulan III TA 2017 di Lapangan Tembak Yonif Mekanis 201/Jaya Yudha. Tujuan dilaksanakan Latbakjatri ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan prajurit Pendam Jaya dalam menembak disamping tugas pokoknya sebagai prajurit penerangan (Harian Pelita, 31 Agustus 2017)

 

30 Agustus 2017
Pangarmabar Menerima Kunjungan Kunjungan Wakasal Australia.

Pangarmabar Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos, menerima kunjungan Kehormatan Wakasal Australia (Deputi Chief of Navy) Rar Admiral  Michael  Joseph  Noonan  AM di Mako Armabar, Gunung Sahari, Jakarta Pusat.  Kunjungan tersebut, dalam rangka membina dan meningkatkan hubungan baik antara angkatan laut kedua negara, khususna dengan Koarmabar. Dalam pada itu, Wakasal Australia memberikan apresiasi kepada Pangarmabar Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos., yang dapat mengontrol willayah Barat Indonesia, khususnya beberapa wilayah yang memerlukan atensi khusus seperti Selat Malaka dan dan laut Natuna Utara(Harian Pelita, 31 Agustus 2017)

 

30 Agustus 2017
Operasi Surya Bhaskara Jaya ke-68 di Pulau Wetar.

Kepala Dinas Pembinan Potensi Maritim (Kadispotmar) TNI angkatan Laut  Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Ketut Suarya meresmikan Operasi Bakti Surya Bhaskara Jaya (SBJ)  TNI AL  TA 2017 di Desa Ilwaki, Kecamatan Wetar, Kabupaten maluku Barat Daya, Provinsi Maluku, yang diikuti 68 anggota TNI AL. Dalam sambutan Kasal yang dibacakan Kadispotmar, bahwa kegiatan SBJ adalah dalam upaya perwujudan kemanunggalan TNI/TNI AL  bersama rakyat, menumbuhkan jiwa dan semangat dalam pembangunan daerah, meningkatkan kualitas masyarakat setempat, khususnya masyarakat yang berada didaerah pesisir (Harian Pelita, 31 Agustus 2017).

 

30 Agustus 2017
TNI AU Mengajak Masyarakat Mencintai dan Membangun Dirgantara.

Dinas Potensi Dirgantara TNI Angkatan Udara (Dispotdirgaau) mengadakan pembekalan kepada 60 orang perwira Pembina Potensi Dirgantara (Binpotdirga) dan jajaran TNI AU seluruh Indonesia di Wisma TNI AU Mulyasari, Cisarua, Bogor.  Pembekalan Binpotdirga ini diselenggarakan  selama dua hari  dibuka oleh Kadispotdirga Marsma TNI Hari Budianto.  Materi pembekalan diberikan narasumber terbaik tentang pembinaan teritorial dirgantara, komunikasi sosial dirgantara, olah raga dirgantara, keselamatan dan keamanan dirgantara, patroli hutan dari udara dan hukum udara dalam kegiatan dirgantara (Harian Pelita, 31 Agustus 2017).

Subdisjianhubmas Dislissaji

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *