Kronik TNI Mei 2017

5 Mei 2017
Panglima TNI: Petani dan Nelayan Pahlawan Pertumbuhan Ekonomi.

Para petani dan nelayan adalah manusia-manusia yang luar biasa, mereka adalah pahlawan pertumbuhan ekonomi terkini. Apabila di Indonesia tidak ada petani dan nelayan mungkin bangsa Indonesia sudah mengalami degradasi ekonomi sejak dulu. Demikian disampaikan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dihadapan para Gubernur, petani dan nelayan dari 34 Provinsi, bertempat du Aulua Anjung Mon Matta, Pendopo Gubernur Banda Aceh. (Harian Pelita, 8 Mei 2017).

 

8 Mei 2017
Kasau Terima Dubes Russia.

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S. IP., menerima kunjungan kehormatan Duta Besar (Dubes) Russia untuk Indonesia H.E. Mr. Mikhail Galuzinh E. di Mabes AU Cilangkap. Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk mempererat hubungan kedua angkatan udara yang telah terjalin baik. Kasau Marsekal TNI Hadi Tjahjanto S.IP. didampingi Aspam Kasau Marsda TNI Kisenda Wiranata, Asrena Kasau Marsda TNI Fahruzaeni, Aslog Kasau Marsda TNI Yadi Husyadi, Kadisaerau Marsma TNI Abdul Wahab, dan Kadispenau Marsma TNI Jemi Trisonjaya. Sedangkan Dubes Russia H.E. Mr. Mikhail Galuzinh E. didampingi oleh Athan Rusia Colonel Nikolay Nikolayuk, Mr. Pert Medvedw (Keua Perwakilan Rosobaran Export), Mr. Mikhail Korotaev (Wakil Ketua Perwakilan Rosobaran Export), Mr. Alexander Smirnov (Ketua Perwakilan FSMTC) dan Colobel Maxim Lukianov. (Harian Pelita, 9 Mei 2017).

 

8 Mei 2017
Kasal: Penguasaan Public Speaking Penting Dalam Menjaga Nama Baik TNI AL.

Penguasaan public speaking merupakan sesuatu yang penting karena dapat memberikan dampak cukup besar bagi nama baik TNI Angkatan Laut, demikian disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., saat membuka kegiatan Public Speaking TNI Angkatan Laut di Gedung Auditorium Denma Mabes AL Cilangkap, Jakarta Timur. (Harian Pelita, 9 Mei 2017).

 

9 Mei 2017
TNI AU Mengamankan Ideologi Pancasila.

Dinamika perkembangan situasi saat ini sangat dipengaruhi berbagai isu global yang mengakibatkan menurunnya implementasi nilai-nilai mental ideologi dan kejuangan sebagai nilai fundamental dan menjadi konsensus dasar bangsa Indonesia yang lazim disebut empat pilar kebangsaan yakni NKRI, Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika. TNI Angkatan Udara sebagai bagian integral TNI memiliki fungsi dan tanggung jawab dalam mengamankan ideologi Negara Pancasila dari pengaruh ideologi lain yang dapat merusak nilai tatanan kehidupan. Demikian disampaikan Kasau pada pemukaan Sarasehan Pembinaan Mental Ideologi dan Tradisi Kejuangan TNI AU tahun 2017 di Gedung Serba Guna Mabes AU Cilangkap, Jakarta Timur. (Harian Pelita, 10 Mei 2017).

 

10 Mei 2017
TNI dan Kementerian PUPR Bangun Jalan Trans Papua 4.300 Km.

Presiden RI Ir. H. Joko Widodo didampingi Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau jalan Trans Papua yang menghubungkan Wamena – Mumugu di Bumi Cendrawasih, Provinsi Papua. Pembangunan jalan Trans Papua sepanjang 4.300 km merupakan kerja sama antara TNI dan Kementerian PUPR yang direncanakan akan selesai pada tahun 2019. Kondisi medan di Papua sangat berat sehingga pembangunan jalan dikerjakan oleh TNI bekerja sama dengan kementerian PUPR diharapkan pertumbuhan ekonomi di Papua akan meningkat. (Harian Pelita, 12 Mei 2017).

 

15 Mei 2017
Kapuspen TNI: Prajurit TNI Tembak Mati Dua Orang Teroris MIT.

Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Tinombala gabungan dari Sandha Kopassus (Komando Pasukan Khusus) dan Yonif (Batalyon Infantri) 514 Raider/Kostrad, berhasil menembak mati dua orang teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) jaringan kelompok Santoso dan mendapatkan dua pucuk senjata di Desa Kiloatas, Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Hal tersebut disampaikan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Wuryanto, S.Sos, M.Si., di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur. (Harian Pelita, 17 Mei 2017).

 

15 Mei 2017
Panglima TNI Tinjau Gladi Bersih Latihan PPRC TNI.

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo didampingi Kasad, Kasal, Wakasau dan Pangkostrad selaku Direktur Latihan meninjau secara langsung pelaksanaan gladi bersih kesiapsiagaan operasi latihan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI tahun 2017 di Tanjung Datuk, Natuna di Kepulauan Riau. Sebelum menyaksikan Gladi Bersih Latihan PPRC TNI,

Subdisjianhubmas Dislissaji

Jl. Gatot Subroto Kav. 16