Kronik TNI Maret 2017

28 Februari 2017
Kekuatan Udara Sebagai Modal Wujudkan Kepentingan Nasional.

Air Power atau kekuatan udara suatu bangsa merupakan salah satu instrument yang dapat didayagunakan sebagai modal suatu Negara dalam mewujudkan kepentingan nasionalnya. Kedaulatan Negara di udara ditentukan oleh kemampuan negaranya untuk menguasai ruang udara yang ada di wilayahnya. Hal tersebut disampaikan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo saat memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional (Pangkohanudnas) dari Marsda TNI Abdul Muis, S.Sos kepada Marsda TNI Yuyu Sutisna SE, S.Sos di Lapangan Upacara Makohanudnas Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. (Harian Pelita, 1 Maret 2017).

 

2 Maret 2017
Kasal Belanda Kunjungi Sarang Petarung Korps Marinir.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Kerajaan Belanda Lieutenant General (MNCR) Rob Verkerk mengunjungi sarang petarung prajurit Korps Marinir di Kesatrian Marinir Sutedi Senaputra Karangpilang, Surabaya. Kedatangan Kasal Belanda beserta rombongan disambut oleh Komandan Pasmar-1 Brigjen TNI (Mar) Lukman, S.T., M.Si (Han) didampingi Wadan Pasmar-1 Kolonel Marinir Siswoto, Komandan Kolatmar Kolonel Marinir Wurjanto, Komandan Lanmar Surabaya Kolonel Marinir Mauriadi, Komandan Brigif-1 Marinir Kolonel Marinir I Made Sukada, S.E, Komandan Menbanpur-1 Mar Kolonel Marinir Edi Cahyo Sumarno, Para Asisten Danpasmar-1 dan Komandan Satlak di jajaran Pasmar-1. Dalam sambutanya Komandan Pasmar-1 Brigjen TNI (Mar) Lukman, S.T., M.Si (Han) menyampai-kan bahwa kunjungan tersebut merupakan salah satu wahana untuk membangun kerjasama yang baik antara Angkatan Laut Indonesia khususnya Korps Marinir dengan Angkatan Laut Kerajaan Belanda. (Harian Pelita, 3 Maret 2017).

 

3 Maret 2017
Kapal Selam Baru TNI Beroperasi Tahun Ini.

Kapal selam baru TNI Angkatan Laut kelas Changbogo buatan Korea Selatan dengan kerja sama teknis Indonesia dijadwalkan beroperasi tahun 2017. Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi yang ditemui di Mabes TNI AL mengatakan bahwa kapal selam tersebut sedang menjalani uji coba dan sudah turun galangan tahun lalu di Korea Selatan. Kapal selam itu selanjutnya dikirim ke Surabaya untuk dilengkapi bekerja sama dengan PT PAL. Awak dan kapal selam sedang disiapkan. (Kompas, 4 Maret 2017).

 

3 Maret 2017
TNI AU Akan Tempatkan Pesawat Drone di Perbatasan.

TNI AU akan menempatkan Drone di daerah perbatasan terutama Natuna dan Tarakan, dan akan mengadakan pengadaan pesawat Drone yang lebih besar setingkat predator, sehingga mampu terbang dengan radius yang lebih luas dan terkoneksi dengan program Kementerian Pertahanan. Saat ini sedang dibangun satelit yang nantinya dapat digunakan oleh pesawat Drone yang dikembangkan, sehingga daerah-daerah yang perlu perhatian dapat diawasi. Disampaikan Kasau Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. di hadapan para perwira dalam kunjungannya di Lanud Iswahjudi, Madiun. (Harian Pelita, 6 Maret 2017).

 

3 Maret 2017
TNI AL Siap Amankan Penelitian Kapal HMAS Perth Jadi Model Percontohan.

TNI Angkatan Laut siap mengamankan peninggalan bersejarah kapal-kapal perang yang karam dalam pertempuran Laut Jawa pada 27 Februari hingga 1 Maret 1942. Beberapa pengamanan sangat diperlukan mengingat beberapa bangkai kapal telah dijarah untuk diambil besi-besinya. Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., mengatakan bahwa TNI telah menggelar pertemuan dengan pemerintah Belanda untuk menindaklanjuti pengamanan kapal-kapal yang karam tersebut secara serius. (Kompas, 6 Maret 2017).

 

6 Maret 2017
TNI Perkuat Sinergi Penegakan Hukum.

Tentara Nasional Indonesia bertekad mengedepankan reformasi birokrasi yang bersih dari berbagai praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme. Upaya pembenahan internal itu direalisasikan dengan menjalin kerjasama antara Polisi Militer (Pom TNI) dan sejumlah instansi penegak hukum di tanah air. Kepala Staf Umum TNI Laksamana Madya Didit Hendriawan menjelaskan konsistensi pemberantasan korupsi di lingkup militer telah dibuktikan dengan pengungkapan kasus korupsi pengadaan alat utama system persenjataan (alutsista). (Media Indonesia, 7 Maret 2017).

 

6 Maret 2017
Disjarahad Gelar Bedah Buku BLA di Landmark.

“Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah”. Kata bijak tersebut tampaknya sesuai dengan kondisi saat ini. Gencarnya arus informasi dan teknologi membuat generasi muda melupakan sejarah. Guna mengingatkan kembali peristiwa sejarah di Jawa Barat terutama kota Bandung, Dinas Sejarah Angkatan Darat (Disjarahad) menggelar bedah buku peristiwa Bandung Lautan Api (BLA) di Gedung Landmark Jalan Braga, Bandung disela pameran buku IKAPI 2017. Kepala Badan Pelaksana Penulisan Sejarah Disjarahad Kolonel Caj Drs. Nurwasis, M.M. mengungkapkan selama pameran buku bertema All About Bandung 2-8 Maret 2017, Disjarahad bekerja sama dengan Ikatan Penerbit Indonesia Jawa Barat. (Harian Pelita, 6 Maret 2017).

 

6 Maret 2017
Panglima TNI : Hukum Sebagai Panglima Bagi Prajurit TNI.

Prajurit TNI harus disiplin, taat dan patuh terhadap hukum. Bagi TNI, hukum adalah panglima karena Indonesia adalah Negara hukum. Demikian disampaikan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dihadapan 132 peserta Rapat Koordinasi Teknis Polisi Militer (Rakornis POM) TNI di Aula Gatot Subroto Mabes TNI, Cilangkap. Panglima TNI menyampaikan kepada para peserta Rakornis bahwa satuan TNI merupakan institusi yang dipercaya sebagai penegak hukum maka terlebih dahulu prajuritnya pun harus disiplin, tertib dan taat hukum seperti kata falsafah lebih baik membebaskan orang yang bersalah dari pada menghukum orang yang tidak bersalah. (Harian Pelita, 7 Maret 2017).

 

7 Maret 2017
Kasau : TNI AU Dukung Kemandirian PT. Dirgantara Indonesia.

Sebagai institusi pengguna alutsista produk PT Dirgantara Indonesia (PT DI) TNI AU akan mendukung penuh kemandirian PT DI. Dukungan TNI AU disampaikan Kepala Staf TNI AU (Kasau) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto S.I.P. saat menerima kunjungan Direktur Utama (Dirut) PT DI. Ir. Budi Santoso di Mabes AU Cilangkap. (Harian Pelita, 8 Maret 2017).

 

7 Maret 2017
21 Pesawat TNI Amankan Jalannya KTT IORA Ke-20 Tahun 2017.

Sebanyak 21 pesawat TNI disiagakan dalam mendukung kelancaran jalannya pelaksanaan pengamanan Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) ​Indian Ocean Rim Association (IORA)  ke 20 tahun 2017 yang dilaksanakan di Jakarta Convention Center, Jakarta. 21 pesawat TNI merupakan alutsista dari TNI AD, AL, dan AU yang disiagakan dalam mendukung pengamanan jalannya KTT IORA tersebut di tempatkan seperti Lanud Halim Perdanakusuma, Pondok Cabe dan JCC. (Harian Pelita, 8 Maret 2017).

 

12 Maret 2017
Kasau dan Menhan Singapura Sepakat Jaga Stabilitas Keamanan Kawasan ASEAN.

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP. di terima Menteri Pertahanan Singapura Dr. Ng Eng Han di Minister Defence Complex dalam lawatannya ke Singapura. Dalam pertemuannya, Kasau yang didampingi Duta Besar RI untuk Singapura HE Ngurah Swajaya, Asrena Kasau Marsma TNI Fahru Zaini Isnanto, S.H., M. DS, Aspam Kasau Marsma TNI Kisenda Wiranata Kusuma, M.A., Athan RI Kolonel Pnb Tjahya Elang Migdiawan, sepakat bahwa Indonesia dan Singapura harus memiliki tekad dan visi yang sama untuk menjaga stabilitas keamanan kawasan ASEAN. (Harian Pelita, 13 Maret 2017).

 

14 Maret 2017
Pesawat A4 Skyhawk Lengkapi Koleksi Museum Satriamandala.

Pesawat tempur TNI AU jenis A4 Skyhawk secara resmi menjadi koleksi Museum Satriamandala Jakarta. Prosesi penyerahan dan peresmian monument pesawat yang ditandai dengan penekanan sirine dilakukan oleh Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto S.IP., di damping oleh Kepala Pusat Sejarah TNI Brigjen TNI Darwin Haroen, S.IP, para sesepuh penerbang pesawat tempur A4 Skyhawk. (Harian Pelita, 15 Maret 2017).

 

20 Maret 2017
TNI AU dan RTAF Bangun National Network Centre System.

TNI Angkatan Udara dan Royal Thai Air Force (RTAF) sepakat akan membangun National Network Centre System (NNCS) dalam mendukung operasional kedua Angkatan Udara bersama dengan Negara-negara ASEAN lainnya. Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP., dalam pertemuanyya dengan C-in-C RTAF Air Chief Marshall John Rungswang yang didampingi oleh staf kedua Angkatan Udara di Markas RTAF Don Mueang, Bangkok. (Harian Pelita, 22 Maret 2017).

 

22 Maret 2017
Sistem Manajemen Keamanan Informasi TNI Harus Sesuai Standar Nasional.

Guna menjamin keamanan aset Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) suatu instansi harus menerapkan Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) sesuai dengan standar nasional maupun internasional sehingga kualitas pengamanan yang diberikan memiliki nilai yang tinggi. Amankan aset teknologi informasi dan komunikasi sesuai sistem manajemen keamanan informasi yang berstandar nasional maupun internasional. Demikian disampaikan Asisten Intelijen (Asintel) Panglima TNI Mayjen TNI Benny Indra Pujihasto, S.I.P., saat membuka secara resmi Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Infolahta TNI TA 2017 yang mengusung tema “Melalui Rakornis Infolahta TA 2017, Kita Optimalkan Pembangunan dan Pengembangan Sistem Informasi TNI Guna Mewujudkan TNI yang Kuat, Hebat dan Profesional dan Dicintai Rakyat”. (Harian Pelita, 23 Maret 2017).

 

22 Maret 2017
Kasum TNI Pimpin Pertemuan Ke-19 TSASM di Singapura.

Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A. memimpin delegasi TNI pada forum pertemuan ke-19 TNI SAF Annual Staff Meeting (TSASM) yang dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 21 sampai dengan 22 Maret 2017 di Regent Hotel di Singapura. TSASM merupakan badan di bawah forum kerja sama tingkat tinggi antara TNI dengan SAF CARM. INDOSIN HLC yang bertugas menilai tindak lanjut hasil pelaksanaan program tiap Committee (ISJIC, ISJOEC, ISJESPC, ISJRC) sesuai apa yang telah disepakati dalam hasil sidang CARM-INDOSIN HLC (Harian Pelita, 24 Maret 2017).

Subdisjianhubmas Dislissaji

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *