Museum Keprajuritan Indonesia

Museum Keprajuritan Indonesia dibangun dengan bentuk segi lima berlantai dua dilengkapi dengan bastion pada tiap-tiap sudutnya. Di dinding luar bagian bawah benteng ini, diisi dengan peragaan fragmen patung dan relief yang menggambarkan perlawanan Bangsa Indonesia menghadapi kekuasaan asing.

Benteng ini dikelilingi oleh parit yang dapat dinikmati para pengunjung dengan menaiki perahu keliling. Di bagian depan benteng terhampar danau buatan yang dilengkapi dengan kapal Banten dan Phinisi. Di bagian dalam museum terdapat panggung terbuka dengan kapasitas 800 tempat duduk. Di sekitarnya disajikan patung-patung pahlawan sebanyak 23 patung.

Bangunan benteng yang didirikan dengan kukuh, mengandung makna pertahanan bangsa, penangkal dari segala hakekat ancaman.

Dinding benteng berbentuk segi lima melambangkan keluhuran falsafah bangsa Indonesia Pancasila, Penangkal setiap ancaman ideology asing. Bastion yang dibangun pada kelima sudut benteng lengkap dengan lubang-lubang pengintai, melambangkan kewaspadaan karena dapat melihat dengan cakrawala yang yang luas. Pintu gerbang atau pintu utama dengan dekorasi abad XVI, merupakan tempat lalu lintas masuknya pengunjung, melambangkan keterbukan Indonesia terhadap dunia luar. Parit yang mengelilingi benteng melambangkan suatu rintangan yang menjadi bagian dalam usaha pertahanan Negara.

Daratan dan danau buatan yang dibangun di bagian depan museum melambangkan tanah air Indonesia yang terdiri atas daratan (pulau-pulau) serta lautan, yang merupakan aspek penting dalam Wawasan Nusantara. Di atas danau buatan terapung dua buah kapal tradisional, yaitu kapal Banten sebagai lambing kekuatan armada Indonesia Kawasan Barat, dan kapal tradisional Phinisi merupakan lambing kekuatan maritim Indonesia di kawasan Timur. Keduanya melambangkan kekuatan maritim bangsa Indonesia.

Dermaga sebagai tempat berlabuhnya kapal dan perahu melambangkan kesibukan kegiatan perekonomian serta sarana perhubungan antar pulau.

LOKASI MUSEUM

Museum Keprajuritan Indonesia berada di dalam komplek Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jalan Raya Taman Mini Pondok Gede, Jakarta Timur, Kode Pos 13560. Telpon (021) 8401080.

JAM BUKA

Museum Keprajuritan Indonesia buka setiap hari mulai pukul 09.00-15.00 WIB. Pada hari-hari besar menyesuaikan dengan kegiatan Taman Mini Indonesia Indah.

KARCIS MASUK

Harga karcis masuk museum Keprajuritan Indonesia:

Dewasa

Perorangan                                       Rp. 4.000,-

Rombongan (minimal 40 orang)    Rp. 3.000,-

Anak-anak/Pelajar/Mahasiswa/Pramuka

Perorangan                                       Rp. 2.500,-

Rombongan (minimal 40 orang)    Rp. 2.000,-

PENERANGAN (INFORMASI)

Bagian penerangan terletak di lantai I gedung perkantoran Museum Keprajuritan Indonesia.

PEMANDU (PRAMUWIDYA)

Pengunjung rombongan maupun perorangan yang membutuhkan pemandu (Pramuwidya) dapat menghubungi Staf Instalasi Informasi.

Subdisjianhubmas Dislissaji

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *